Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI BESAR RISET SOSIAL EKONOMI KELAUTAN DAN PERIKANAN
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Berita FGD Riset

PENELITI BBRSEKP OPTIMALKAN HASIL RISET MELALUI FGD

 

 

SOSEK NEWS, JAKARTA, 20 APRIL 2021 – Tim Riset Model Strategi Peningkatan Peran Masyarakat dalam Bisnis Perikanan di Kawasan Industri Perikanan BBRSEKP telah melakukan rangkaian diskusi terfokus dengan para pemangku kepentingan pada tiga lokasi kawasan sentra perikanan. Diskusi dilakukan dengan stakeholder dari wilayah Natuna pada 12 April 2021, stakeholder dari wilayah Ambon pada 13 April 2021, dan stakeholder dari Nunukan, Kalimantan Timur pada 20 April 2021. Kegiatan turut dihadiri oleh kepala dinas perikanan setempat, ketua SKPT, penyuluh, ketua nelayan, serta pelaku pengolahan hasil perikanan.

 

Diskusi terfokus ini dilakukan untuk meng-update data dan informasi dari stakeholder lokal terkait sejauh mana masyarakat dan pelaku usaha lainnya sudah terlibat atau menjadi pelaku dalam industrialisasi, baik di wilayah SKPT Natuna, Sebatik, dan Nunukan. Selain itu, tim riset juga melakukan sosialisasi kegiatan riset untuk mendapatkan masukan agar output kegiatan riset ini tidak redundant (berulang) dengan kegiatan riset BBRSEKP sebelumnya. Kegiatan riset pada tahun ini lebih difokuskan pada peningkatan peran masyarakat untuk menjadi aktor utama, sehingga tidak tertinggal dari SPKT. Rangkaian diskusi yang dilakukan juga bermanfaat sebagai ajang perkenalan, sehingga diharapkan langkah atau tahapan riset selanjutnya dapat berjalan lancar. ”Alhamdulillah hasilnya bagus tinggal melanjutkan pada tahap berikutnya, yaitu coaching enumerator”, papar Umi Mu’awanah, anggota tim riset yang juga merupakan Ketua Kelompok Peneliti di BBRSEKP.

 

Kegiatan diskusi yang dilakukan secara daring dan luring ini bertujuan untuk menggali informasi awal serta konfirmasi beberapa informasi dan data yang sebelumnya diperoleh tim peneliti dari berbagai studi literatur. “Kegiatan ini menjadi bagian penting agar proses penelitian dapat dikelola secara efektif sehubungan dengan terbatasnya waktu pengumpulan data di lapangan”, pungkas Ketua Tim Peneliti Riset Model Strategi Peningkatan Peran Masyarakat dalam Bisnis Perikanan di Kawasan Industri Perikanan, Nendah Kurniasari. Diskusi berjalan dengan sangat interaktif dan terarah, sehingga informasi dan data yang diperoleh sesuai dengan target acara.

 

Guna melengkapi data dan informasi awal dari hasil diskusi dan studi literatur, tim riset akan melakukan pengambilan data primer melalui pengisian kuesioner oleh para enumerator. Untuk itu, pada awal bulan Mei akan dilakukan coaching enumerator secara daring terkait pengisian kuesioner. “Hasil diskusi terfokus, pengambilan data, dan studi literatur, akan dianalisis menjadi hasil sementara. Hasil sementara ini menjadi bekal tim peneliti untuk melakukan pendalaman melalui survei langsung ke lokasi penelitian”, tutup Nendah, mengakhiri wawancara pada tanggal 20 April 2021.

 

Kontributor: Siti Nurhayati, S.Sos. (Pustakawan Muda BBRSEKP)

 

Foto kegiatan:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Edwin Yulia Setyawan   21 April 2021   Dilihat : 52



Artikel Terkait: