Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI BESAR RISET SOSIAL EKONOMI KELAUTAN DAN PERIKANAN
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Kategori Berita: Riset

WORKSHOP INSTRUMEN PENELITIAN UNTUK TINGKATKAN KUALITAS RISET BBRSEKP

 

 

SOSEK NEWS, BOGOR, 19 – 20 MARET 2021 – Tim riset Model Penguatan Peran Pelaku Usaha Perikanan dalam Pengembangan Kawasan Industrialisasi Perikanan melaksanakan kegiatan “Workshop Penyusunan Instrumen Penelitian di Hotel Permata, Bogor, Jawa Barat.  Proses kegiatan riset dilaksanakan berdasarkan sudut pandang ilmu sosial yang menggunakan teknik triangulasi dengan dua pendekatan, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Sasaran penelitian adalah berbagai stakeholder, mulai dari pelaku usaha hulu sampai hilir, serta berbagai stakeholder lainnya, yaitu pemerintah, swasta, dan LSM, serta akademisi, sehingga model yang dibangun merupakan model pengembangan industri perikanan yang tidak hanya meningkatkan pendapatan nasional, namun juga kesejahteraan masyarakat lokal. Kebaruan muncul karena model yang akan dibangun merupakan model yang mengambil isu sosial kemasyarakatan yang selama ini sering terabaikan dalam kajian pembangunan yang lebih berorientasi pada adopsi teknologi modern.

 

Workshop diselenggarakan pada tanggal 19 – 20 Maret 2021 secara luring dan daring melalui aplikasi zoom meeting serta dihadiri oleh undangan dari lembaga dengan narasumber Dedi Adhuri dan Rilus A. Kinseng dari Institut Pertanian Bogor University.

 

“Ini undangan pertama yang saya terima dari teman-teman di Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan untuk terlibat dalam diskusi instrumen penelitian. Sebelumnya, saya biasanya diundang untuk membahas proposal penelitian dan laporannya saja. Workshop instrumen penelitian merupakan perkembangan yang baik dari perspektif engagement pihak luar dalam penelitian Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan,” ungkap Dedi Adhuri. Hal senada juga disampaikan Rilus A. Kinseng yang hadir secara luring di Bogor (20/3/2021).

 

“Workshop ini menambah wahana interaksi dan dukungan dari pihak luar untuk meningkatkan kualitas risetnya. Selain itu, acara ini juga menunjukkan keseriusan tim peneliti dalam menyiapkan risetnya. Semoga kerja – kerja seperti ini akan benar-benar meningkatkan mutu penelitian dan keterpakaian hasilnya,” tandas Dedi Adhuri.

 

Pembangunan kawasan perikanan sering kali menarik para pelaku usaha skala besar dan para pemilik kapital dari luar kawasan untuk melakukan usaha di kawasan tersebut. Fenomena ini sering kali mengakibatkan para pelaku usaha lokal menjadi termarjinalkan. Padahal, sejatinya pembangunan kawasan tidak hanya bertujuan meningkatkan pendapatan negara, namun yang utama adalah menciptakan kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat lokal. Namun demikian, dalam era globalisasi, industri perikanan menjadi sesuatu yang tidak bisa dielakkan. Oleh karenanya, dibutuhkan suatu upaya agar masyarakat lokal dapat terlibat aktif dalam industrialisasi perikanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan dalam aktivitas usaha pelaku perikanan di kawasan industrialisasi perikanan, menganalisis kesiapan pelaku usaha untuk berperan dalam industrialisasi perikanan, serta menganalisis kebijakan sebagai pendukung penguatan peran industrialisasi perikanan. Hasil analisis secara deskriptif digunakan sebagai bahan untuk membuat model penguatan peran pelaku usaha lokal pada industrialisasi perikanan.

 

Pembahasan yang dilakukan sejak hari Jumat tanggal 19 Maret 2021 dilaksanakan melalui paparan terkait instrumen penelitian yang terbagi ke dalam empat topik, yaitu Karakteristik Pelaku Usaha dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya; Persepsi Masyarakat terhadap Kawasan Industri; Kesiapan Masyarakat; serta Multiplier Effect dari Keberadaan Kawasan Industri. Di setiap akhir pemaparan dilkukan finalisasi instrumen penelitian. Output yang diharapkan akan dihasilkan adalah berupa rancangan/desain/arsitektur tentang tata pola hak berdaulat dalam mengelola sumber daya perikanan yang menjadi milik Indonesia.

 

Kontributor: Siti Nurhayati (Pustakawan Muda BBRSEKP)

 

Foto kegiatan:

   
   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Edwin Yulia Setyawan   24 Maret 2021   Dilihat : 102



Artikel Terkait: