Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI BESAR RISET SOSIAL EKONOMI KELAUTAN DAN PERIKANAN
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
BBRSEKP - Pusdatin Berupaya Meningkatkan Pemanfaatan dan Analisis Data KKP

BBRSEKP, JAKARTA, (23/02/2021) Laboratorium Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan berkoordinasi dengan Pusat Data dan Informasi Kelautan dan Perikanan (PUSDATIN KP) dalam rangka membahas integrasi dan peluang pengembangan kegiatan riset sosial ekonomi kelautan dan perikanan. Rapat koordinasi dihadiri langsung oleh Dr. Budi Sulistyo, M.Sc (Kepala Pusat Data dan Informasi Kelautan dan Perikanan), Rennisca Ray Damanti, S.Pi., MA., M.Eng (Koordinator Bidang Statistik) dan staf pusdatin lainnya. Turut hadir dalam rapat koordinasi tersebut yaitu Prof. Dr. Agus Heri Purnomo (Dewan Pakar BBRSEKP), Rizki Aprilian Wijaya S.Pi, M.T (Kepala Laboratorium Sosial Ekonomi KP), Hakim Miftahul Huda, S.Pi, M.Si (Anggota Riset Indikator Mikro), Edwin Yulia Setiawan S.T, Nurhendra S.Kom dan Candra Istiana S.St.Pi (Laboratorium Sosial Ekonomi KP).

Kebutuhan data sekunder dalam kerangka kegiatan riset lingkup BBRSEKP menjadi sangat penting dan menjadi dasar dalam mengambil kesimpulan dan penetapan kebijakan. Pertemuan koordinasi bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan dan analisis data yang telah dikoleksi PUSDATIN KKP. Data tersebut ke depannya, diharapkan dapat terkoneksi dengan Laboratorium Sosial Ekonomi KP sehingga dapat dipergunakan untuk kepentingan riset sosial ekonomi kelautan dan perikanan.

Sejalan dengan hal tersebut, Dr. Budi Sulistyo M.Sc juga menyampaikan bahwa pertemuan koordinasi sangat penting karena data yang dimiliki oleh Pusdatin KP dapat mendukung kebijakan – kebijakan pada lingkup KKP yang akan dianalisis oleh BBRSEKP. Kapusdatin menyambut baik kerjasama dalam pengelolaan data kelautan dan perikanan dengan BBRSEKP melalui pengelolaan data oleh Laboratorium Sosek yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk kegiatan riset. Pusdatin juga terus berupaya mengembangkan sistem pengambilan data yang efektif, real time dan up to date melalui digitalisasi data menuju BIG Data KKP.

Kerjasama dalam pengelolaan data kelautan dan perikanan ini diharapkan mampu meningkatkan peran dan kolaborasi berbagai unit kerja yang ada di KKP dalam mengembangkan sektor kelautan dan perikanan serta memberikan peluang kepada peneliti untuk dapat memanfaatkan data yang dimiliki KKP.

Kontributor : Candra Istiana dan Rizki Aprilian Wijaya

 

   

 

Admin BBRSEKP   23 Februari 2021   Dilihat : 80



Artikel Terkait: