Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

POLITEKNIK KP PANGANDARAN
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Taruna Remaja PHL laksankan Kegiatan Praktikum Mikrobiologi di UPTD Perikanan Air Payau Dan Air Laut Wilayah Selatan

Taruna Remaja PHL laksankan Kegiatan Praktikum Mikrobiologi di UPTD Perikanan Air Payau Dan Air Laut Wilayah Selatan

Pangandaran – Rabu (22/01) Taruna Remaja Prodi Pengolahan Hasil Laut (PHL) Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran , melaksanka kegiatan praktikum Mikrobiologi Dasar. Satriya Abrian, S.Si., M.Sc selaku dosen pengampu menjelaskan bahwa kegiatan praktikum ini mengajarkan taruna remaja PHL dengan mengenai pengenalan teknis aseptis, pewarnaan gram dan pengamatan mikroskopis. Kegiatan praktikum dilaksanakan di Laboratorium Uji kesehatan Lingkungan UPTD Perikanan Air Payau Dan Air Laut Wilayah Selatan.

Taruna remaja begitu antusias dan banyak bertanya kepada dosen, selain itu mereka saling bergantian untuk mendeteksi mikroba yang dilihat menggunakan mikroskop. Dengan adanya praktikum tersebut taruna secara langsung mengetahui bahwa Mikrobiologi adalah salah satu cabang ilmu dari biologi, dan memerlukan ilmu pendukung kimia, fisika, dan biokimia. Mikrobiologi sering disebut ilmu praktek dari biokimia. Dalam mikrobiologi dasar diberikan pengertian dasar tentang sejarah penemuan mikroba, macam-macam mikroba di alam, struktur sel mikroba dan fungsinya, metabolisme mikroba secara umum, pertumbuhan mikroba dan faktor lingkungan.

Selain itu Satriya menyampaikan bahwa tujuan utama dari kegiatan praktikum tersebut yakni memberikan pemahaman dan pengalaman psikomotorik kepada taruna dalam melaksanakan kerja laboratorium. Dari hasil kegiatan praktikum taruna harus membuat mini laporan dan dapat menjelaskan hasil dari apa yang menjadi objek pada kegiatan praktikum. (psp).

Admin Poltek KP Pangandaran   22 Januari 2020   Dilihat : 232



Artikel Terkait: