Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

POLITEKNIK KP PANGANDARAN
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Taruna Politeknik KP Pangandaran Praktik Proses Pembuatan Garam Dengan Menggunakan Sistem Tunnel

Taruna Politeknik KP Pangandaran Praktik Proses Pembuatan Garam Dengan Menggunakan Sistem Tunnel

Pangandaran – Kamis (16/01) taruna remaja prodi Teknologi Kelautan (TKL) siang ini melaksanakan kegiatan praktikum  proses pembuatan garam dengan mengunakan sistem tunnel garam. Ketika taruna lainnya melaksankan kegiatan praktikum diruang kelas dan menghasilkan inovasi produk yang menggugah selera. Lain halnya dengan taruna TKL, mereka melawan teriknya panas matahari untuk melaksanakan kegiatan pproses pembuatan garam. Meskipun demikian taruna TKL begitu antusias dan sangat menikmati indahnya pemandangan pantai. Berlari bermain-main dengan ombak merupakan hal yang sudah tidak asing lagi bagi mereka. Kegiatan praktikum begitu sangat menyenangkan.

Saat ini Politeknik Kelautan dan Perikanan Pangandaran telah memiliki sebanyak 30 tunnel garam, yang berlokasi di ujung pantai Bulaksetra. Kegiatan praktikum di dampingi langsung oleh Suhernalis, S.St.Pi,M.S.T.Pi. Nalis menjelaskan bahwa telah diketahui bahwa kebanyakan petani garam dalam upaya menghasilkan garam masih dengan proses tradisional. Namun kini taruna Politeknik KP pangandaran diajarkan proses pembuatan garam dengan sistem yang lebih inovasi yakni dengan sistem tunnel. Proses pembuatan garam degan sistem tunnel dilakukan secara tertutup mulai dari proses air baku dari laut, menjadi air tua dan berakhir dengan kristalisasi air laut yang menghasilkan garam dengan kualitas lebih baik, putih dan bersih.

Nalis juga menyampaikan  harapannya bahwa dengan adanya tunnel garam di Politeknik KP Pangadaran ini, selain menjadi ruang praktikum taruna prodi TKL, namun bisa juga dijadikan tempat eduwisata sebagai wahana edukasi bagi pelajar, maupun petani garam untuk dapat mempelajari cara pembuatan garam dengan  cara yang lebih modern dan inovatif. (psp).

 

 

Admin Poltek KP Pangandaran   16 Januari 2020   Dilihat : 387



Artikel Terkait: