Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

POLITEKNIK KP KARAWANG
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
KUNJUNGAN KERJA SPESIFIK KOMISI IV DPR RI Ke Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang
Karawang – Jum’at (04/06/2021) Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang mendapat kunjungan dari Komisi IV DPR RI dalam rangka meninjau dan melihat secara langsung Sarana dan Prasarana Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang. Selain Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi, S.H. beserta anggota, dalam acara tersebut turut serta hadir Bupati Karawang, Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan dan Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan.
 
 
Kegiatan diawali dengan diskusi yang dipandu langsung oleh Direktur Politeknik KP Karawang Dr. Moch. Nurhudah, A.Pi., M.Sc.. Setelah Diksusi, kegiatan dilanjutkan dengan Penebaran Benih Ikan Nila Srikandi. Benih Ikan Nila yang ditebarkan dalam kegiatan tersebut merupakan hasil pemuliaan yang dilakukan di Balai Riset dan Pemuliaan Ikan (BRPI) Sukamandi, dan Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang sebagai bentuk kemitraan antara Politeknik KP Karawang, BRPI, BLUPPB dan Leles Garut untuk membangun Center of Excellent Nila di Karawang. Selain Ikan Nila, dilakukan juga penebaran benih ikan Patin Perkasa Hasil pemuliaan dari BRPI Suka mandi, sebagai bentuk kemitraan untuk pengembangan budidaya ikan Patin Perkasa.
 
 
Selajutnya kegiatan meninjau sarana dan prasarana Politeknik KP Karawang. Kunjungan pertama dilakukan di Teaching Factory (TEFA) Teknik Pengolahan Produk Perikanan. Disini para anggota dewan melihat langsung bagaimana proses pengolahan ikan menjadi produk-produk akhir bernilai tambah tinggi. Diantara produk tersebut adalah Bandeng Cabut Duri, Pindang Higienis, BioChana (ekstrak albumin), serta Sabun Rumput Laut. Produk-produk tersebut telah diproduksi dengan bermitra bersama perusahaan disributor, perusahaan eksportir, sert mitra lainnya. TEFA pengolahan perikanan merupakan TEFA paling produktif di Politeknik Kelautan dan perikanan Karawang.
 
 
Kunjungan berikutnya adalah menuju Galeri Produk Kelautan. Galeri ini merupakan inkubator bagi produk-produk kreativitas dan inovasi taruna yang telah produksi, siap produksi, maupun yang masih berupa produk purwarupa. Bapak Ir. Aris Kabul, M.Si selaku pembina Galeri ini menjelaskan beberapa produk unggulan di Galeri. Pada kesempatan ini juga terjadi dialog antara Wakil Ketua Komisi IV DPR RI G. BUDISATRIO DJIWANDONO dari Fraksi Gerindra dengan salah satu Taruna pemenang kompetisi kewirausahaan yang produknya tersaji di Galeri. Sarlia Dwi Ningsih, Taruni asal Benjarnegara program studi Teknik Kelautan ini menjelaskan kepada beliau mengenai produk wirausahanya yaitu Selawak, berupa selai yang diolah dari ikan patin. Dari diskusi tersebut Bapak Budi juga memberi arahan mengenai riset dan pengembangan produk untuk meningkatkan daya jual.
 
 
Berlanjut ke Teaching Factory (TEFA) Budidaya Ikan, dimana para anggota dewan dapat melihat langsung proses pemeliharaan dan pembesaran beragam jenis ikan komersil. Diantara komoditas yang menarik antusiasme para anggota dewan adalah ikan Cupang. Taufik Hadi Ramli, M.Tr.Pi., salah seorang Dosen Program Studi Budidaya menjelaskan kepada para tamu mengenai proses pembenihan, pemijahan serta penyilangan dan pembesaran ikan komersil tersebut. Wakil ketua Komisi IV Dedi Mulyadi, S.H. nampak antusias dengan spesies cantik yang satu ini. Program studi budidaya merupakan program studi yang baru dibuka pada tahun lalu dan memiliki potensi yang sangat besar untuk berkembang dan menjadi Center of Excelence kegiatan  budidaya ikan  di Kabupaten Karawang.
 
 
Kegiatan kemudian dilanjut dengan mengunjungi Teaching Factory Permesinan serta Gedung Lecture Theatre. Kegiatan kemudian diakhiri dengan penanaman Pohon Produktif bersama-sama di lokasi yang telah disediakan di Politeknik KP Karawang. Direktur Politeknik KP Karawang mengharapkan bahwa Pohon tersebut akan menjadi kenang-kenangan berumur panjang bagi Poltek KP Karawang atas kunjungan pada hari ini.
 
 

MrRoSe   04 Juni 2021   Dilihat : 204



Artikel Terkait: