Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

POLITEKNIK KP KARAWANG
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
KUNJUNGAN KERJA SPESIFIK KOMISI IV DPR RI DI POLITEKNIK KELAUTAN DAN PERIKANAN KARAWANG

Karawang – Jum’at (04/06/2021) Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang mendapat kunjungan dari Komisi IV DPR RI dalam rangka meninjau dan melihat secara langsung Sarana dan Prasarana Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang. Selain Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi, S.H beserta anggota, dalam acara tersebut turut serta hadir Bupati Karawang, Kepala Badan Riset dan SUmber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan dan Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan.

Kegiatan diawali dengan diskusi yang dipandu langsung oleh Direktur Politeknik KP Karawang Dr. Moch. Nurhudah, A.Pi., M.Sc.. Setelah Diksusi, kegiatan dilanjutkan dengan Penebaran Benih Ikan Nila Srikandi. Benih Ikan Nila yang ditebarkan dalam kegiatan tersebut meriupakan hasil pemuliaan yang dilakukan di Balai Riset dan Pemuliaan Ikan (BRPI) Sukamandi, dan Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang sebagai bentuk kemitraan antara Politeknik KP Karawang, BRPI, BLUPPB dan Leles Garut untuk membangun Nila Center sebagai Center of Excellent Nila di Karawang. Selain Ikan Nila, dilakukan juga penebaran benih ikan Patin Perkasa Hasil pemuliaan dari BRPI Suka mandi, sebagai bentuk kemitraan untuk pengembangan budidaya ikan Patin Perkasa.

Penebaran benih ikan Nila Srikandi dan ikan Patin Perkasa selesai, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke beberapa fasilitas, sarana dan parasarana yang ada di Politeknik KP Karawang, diantaranya adalah:

  1. Teaching Factory (TEFA) Teknik Pengolahan Produk Perikanan. Meninjau kegiatan pengolahan bandeng dengan penerapan SOP dari United Nation Industrian Development Organization (UNIDO) – PBB, yaitu pengolahan Bandeng tanpa duri dan pinddang higienis. Selain itu juga meninjau produk albumin hasil riset terapan dosen Politeknik KP Karawang.
  2. Kunjungan di Galeri Produk Kelautan. Di galeri tersebut, pengunjung diajak melihat beberapa produk yang dihasilkan oleh Politeknik KP Karawang, diantaranya adalah Garam Sunnah, Uyah Legi, Garam Kosmetika, Garam Lip Latte, Salt Toner, dll.
  3. Teaching Factory (TEFA) Budidaya Ikan. Meninjau kegiatan produksi calon induk serta benih nila specific pathogen free/specific pathogen resistant untuk mendukung program KKP dalam meningkatkan produksi ikan dan membangun kampung Nila; program didukung dengan produksi vaksin yang proses paten di Kemenkumham. Meninjanu pengembangan ikan hias, ikan koi dan budidaya ikan cupang.
  4. Teaching Factory (TEFA) Budidaya Ikan. Meninjau kegiatan pembuatan baling-baling kincir air dan panel surya hasil inisiasi kerjasama dengan CV. Muda Teknindo.
  5. Gedung Lecture Theatre. Minjau fasilitas ruang seminar dan kuliah umum sekala nasional dan internasional dengan kapasitas 141 orang.

Kegitan kunjungan Komisi IV DPR RI diakhiri dengan penanam Pohon Produktif bersama-sama di lokasi yang telah disediakan di Politeknik KP Karawang. Direktur Politeknik KP Karawang mengharapkan bahpa Pohon tersebut akan menjadi kenang-kenganan bagi Poltek KP Karawang yang kemudian akan dikelola dengan baik hingga tumbuh subur.

Supriyatna   04 Juni 2021   Dilihat : 134



Artikel Terkait: