Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

POLITEKNIK KP KARAWANG
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
SHORT STORY DARI WISUDAWAN MENAMBAH KEHARUAN INTERNAL INAUGURATION POLITEKNIK KELAUTAN DAN PERIKANAN KARAWANG

KARAWANG (11/08) – Pada tanggal 10 Agustus 2020 setelah dilaksanakan Wisuda Daring nasional untuk Pendidikan tinggi lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang menyelenggarakan acara wisuda internal yang dinamakan Internal Inauguration. Internal Inauguration Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang diimpin langsung oleh Direktur Poltek KP Karawang Dr. Moch. Nurhudah, A.Pi., M.Sc., diselenggarakan di ruang Lecture Poltek KP Karawang dan melalui aplikasi Zoom serta disiarkan langsung melalui kanal Youtube Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang. Rangkaian acara dibuat dengan harapan dapat menyempurnakan kebahagian para wisudawan di rumah masing-masing. Salah satu acara yang membahagiakan sekaligus mengharukan adalah pembacaan Short Story oleh Dr. Aris Widagdo, A.Pi., M.Si, yang ditulis oleh para wisudawan terkait alasan mengapa mereka memilih Poltek KP Karawang untuk menempuh pendidikan, Kesan telah belajar di Poltek KP Karawang, dan cita-cita.

Tulisan Short Story yang dibacakan oleh bapak Aris Widagdo merupakan tulisan terpilih yang menarik dan futuristik dari Taruna-taruni. Bapak Aris Widagdo menyampaikan bahwa sebagai Pembantu Direktur III yang terlibat langsung dengan proses pembinaan karakter taruna/i tentu sangat memahami setiap kepribadian, sikap yang dimiliki taruna/i.

Tulisan yang dibacakan dari program Studi Teknik Penangkapan Ikan adalah tulisan dari taruna atas nama Ahmad Faisal Zuelfa asal kabupaten Karawang. Dalam tulisannya ia bercerita bahwa sebagai sebagai anak pesisir karawang, ia akhirnya memilih Politeknik KP Karawang untuk menempuh pendidikan tingginya. Meski pada awalnya ia sangat ragu untuk kuliah disini karena sebagai anak nelayan ia lebih senang melaut bersama orang tua dibanding kuliah dan ia bisa membeli motor baru dari hasil melautnya. Tapi, berkat kegigihan para Dosen Poltek KP Karawang yang mendatangi rumahnya waktu itu untuk mengajak berkuliah di Poltek KP Karawang, akhirnya ia mau berkuliah disana.

Taruna yang mempunayi cita-cita ingin memajukan para nelayan ini  pun menulis setelah berkuliah di Poltek KP Karawang, ia menyukai kehidupan di asrama. ia pun menuliskan bahwa "bahkan ketika wabah virus corona melanda saya malah setres d rumah, ingin secepatnya masuk ke kampus, namun apa daya sampai saya lulus tidak punya kesempatan itu". Akhir kalimat ia menulis motto “Bekerja keras sampai punya uang banyak, sehingga barang-barang mahal pun, buat saya akan terasa murah”

Tulisan terpilih dari Pogram Studi Teknik Kelautan yang kemudian dibacakan oleh Bapak Aris Widagdo adalah tulisan dari Taruni atas nama Aghnia Asal Kabupaten Tegal. Taruni yang mempunyai cita-cita menajdi orang kaya nomor satu di Indonesia ini menulis terima kasih kepada semuanya terutama para Pembina yang selalu mendampingi, banyak pengetahuan dan keterampilan yang saya peroleh selama kuliah disini, tidak hanya belajar ilmu pasti tetapi juga ilmu kehidupan, saya dilatih mengembangkan potensi saya dari Bahasa inggris, Olahraga, maupun Seni. Aghinia juga menuliskan motto hidupnya yaitu “Berusaha sekeras-Kerasnya untuk orang tua dan saudara”.

Tulisan terakhir yang dibacakan bapak Aris Widagdo adalah Tulisan dari taruni Program Studi Pengolahan Produk Perikanan atas nama Chorry Muthmainah asal Kabupaten Pekalongan. Chorry bercita-cita menjadi pengusaha pengolah Ikan. “saya bangga sekolah disini walau pada awalnya ini bukan cita-cita saya, saya orangnya pendiam. Tidak mungkin punya cita-cita di asrama yang setiap saat pasti ketemu teman, tapi semua sudah garis tangan, disinilah aku bisa menari, bisa ikut padua suara, bisa bikin olahan modern, ketemu banyak dunia luar, dan bisa jalan-jalan, alhamdulilah semuanya” begitulah kutipan tulisan taruni yang memiliki motto Berusaha dan Berdo’a hasil tidak akan berhianat.

Ketiga tulisan yang dibacakan diatas mengingatkan para wisudawan ketika menjalani proses  pendidikan 3 tahun ke belakang sehingga tampak keharuan dari para wisudawan yang mengikuti acara Internal Inauguration melalui aplikasi Zoom.

Supriyatna   11 Agustus 2020   Dilihat : 548



Artikel Terkait: