Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

POLITEKNIK KP KARAWANG
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
PANGSI DAN KEBAYA MENJADI SERAGAM BARU DI POLITEKNIK KP KARAWANG

Karawang -- Selasa (07/01/2020) Penampilan baru terlihat dari seragam yang dikenakan para pegawai Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang. Setelah keluarnya Surat Edaran Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor B-775/MEN-KP/XII/2019 tentang Penggunaan Pakain Adat di Lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Politeknik KP Karawang yang lokasinya berada di Provinsi Jawa Barat dan lingkungan tatar pasundan memilih Pangsi dan Kebaya untuk dijadikan pakaian seragam yang dikenakan setiap hari Selasa.

Seperti kita ketahui, pakaian adat Indonesia sangat lah beragaram. Salah satunya adalah Pangsi dan Kebaya. Kebaya merupakan pakain adat yang kita tahu sering digunakan para perempuan Indonesia Khusunya Jawa Barat. Adapun pangsi merupakan salah satu pakaian khas adat sunda warisan sesepuh baheula (nenek moyang para leluhur). Diambil dari beberapa sumber bacaan, pangsi bukan hanya sebuah pakaian yang dipakai untuk melindungi fisik dari segala cuaca dan lingkungan sekitar tentunya pangsi memiliki filosofi khusus yang terkait dengan kehidupan masyrakat tempo dulu di Tatar Pasundan. Walaupun belum ada keabsahan dokumen khusus mengenai Filosofi Pangsi ini karena diwariskan secara turun temurun.

Selain mengikuti Surat Edaran dari Menteri Kelautan dan Perikanan RI penggunaan pakaian adat khususnya penggunaan pangsi dan kebaya di Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang diharapkan menjadi salah satu cara untuk melestarikan budaya di Indonesia khususnya pakaian adat di Jawa barat. Salam Budaya!

Supriyatna   07 Januari 2020   Dilihat : 971



Artikel Terkait: