Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan
Badan RIset dan SDM Kelautan dan Perikanan
Kilas Berita  
KEGIATAN PENILAIAN ANGKA KREDIT JABATAN FUNGSIONAL PENYULUH PERIKANAN PERIODE I TAHUN 2022

#SahabatAirTawar. Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan Bogor (BRPBATPP), melaksanakan kegiatan penilaian angka kredit (e-Dupak) jabatan fungsional Penyuluh Perikanan periode I Tahun 2022, kegiatan ini dilaksanakan secara daring via zoom meeting dan luring yang dilaksanakan mulai tanggal 23 s.d 26 Maret 2022 di Aula Instalasi Riset Plasma Nutfah Perikanan Air Tawar-BRPBATPP Cijeruk.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan, Dr. Lily Aprillya Pregiwati. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BRPBATPP yang diwakili oleh Kasubag Umum Arif Budiman, Koordinator Kelompok Tata Usaha - Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan,  Dra. Yuniyanti Rahayuningsih, MM, Subkoordinator Penyuluhan Iman Slamet, Tim Penilai Angka Kredit Jabatan Fungsional Penyuluh Perikanan, Sekretariat Tim penilai Angka Kredit Jabatan Fungsional Penyuluh Perikanan, Para Penyuluh Perikanan Lingkup Satminkal BRPBATPP dan Tamu undangan

Dalam arahan Kapuslatluh KP menyampaikan apresiasi kepada BRPBATPP Bogor dan para tim penilai serta para tim sekretariat penilai atas terselenggaranya kegiatan ini pada awal tahun 2022, menurutnya kegiatan penilaian merupakan kegiatan yang sakral. Laporan bukan sekedar berita acara penilaian, namun laporan harus memuat temuan terkait kinerja penyuluh perikanan dan perlu ada data nama penyuluh yang sudah dan belum menyampaikan dupak, dan kegiatan ini juga menjadi media untuk menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya dan secara profesional serta proporsional dalam melakukan penilaian kepada Penyuluh Perikanan yang masuk sebagai obyek penilaian.

Dalam sambutannya Kapuslatluh juga menyampaikan jika penyuluh perikanan belum menyampaikan dupak pada periode pertama, harus menyampaikan dupak pada periode kedua. Tanggung jawab Satminkal dan Koordinator penyuluh, dan penyuluh madya untuk melakukan treatment kepada penyuluh agar selalu mengajukan usulan dupak setiap tahun. Begitu pula untuk Penyuluh Perikanan PPPK wajib melaporkan kinerjanya melalui  penyampaian usulan DUPAK. Jika 1 tahun pertama tidak dapat melaporkan kinerja yang baik dapat langsung diberhentikan.  Kedepannya nilai angka kredit akan terintegrasi dalam data base melalui  aplikasi, diharapkan jenjang pendidikan penyuluh perikanan perlu di tingkatkan untuk meningkatkan kompetensi penyuluh perikanan. Selain itu penyuluh perikanan harus duduk Bersama dengan Kepala Dinas untuk menyampaikan kegiatan yang akan dilakukannya, termasuk program prioritas nasional.  

Penilaian angka kredit jabatan fungsional Penyuluh Perikanan berpedoman pada Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor PER/19/M.PAN/10/2008 tentang Jabatan Fungsional Penyuluh Perikanan dan Angka Kreditnya, Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pedoman Teknis Jabatan Fungsional Penyuluh Perikanan dan angka kreditnya. Selanjutnya Peraturan Bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor PB.01/MEN/2009 dan Nomor 14 Tahun 2009 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Penyuluh Perikanan dan Angka Kreditnya.

Periode I Tahun 2022 ini Jumlah Penyuluh Perikanan yang mengajukan Dupak sebanyak 100 orang dengan rincian :

  1. 89 usulan dinilai Tim Penilai Satminkal BRPBATPP Bogor yaitu : Penyuluh Perikanan Madya (15), Muda (43), Pertama (19), Penyelia (4), Pelaksana Lanjutan (6) dan Pelaksana (2).
  2. 11 usulan dinilai oleh Tim Penilai Pusat : Penyuluh Perikanan Madya IV/b ke atas

Adapun tim penilai sebanyak 10 orang dan tim Sekretariat berjumlah 5 orang

Semoga kedepannya para penyuluh perikanan dapat mengajukan Daftar Usulan Peniaian Angka Kredit dengan tertib minimal 1 kali dalam setahun. ®

 

#brpbatpp2022

@brsdmkp @puslatluh @pusriskan

Admin BRPBATPP   28 Maret 2022   Dilihat : 206



Artikel Terkait: