Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan
Badan RIset dan SDM Kelautan dan Perikanan
Kilas Berita  
Pembinaan Kinerja Penyuluh dan Koordinasi Kegiatan Penyuluhan

 

Satminkal BRPBATPP melaksanakan kegiatan Pembinaan Kinerja Penyuluh dan Koordinasi Kegiatan Penyuluhan TA 2022 di Balai Diklat Aparatur Sukamandi yang dihadiri oleh Kepala Balai Diklat Aparatur Sukamandi Bapak R.Hernan Mahardika, S.St.Pi., M.M, Sekretaris Dinas Perikanan Kab. Subang Bapak Dinar Wardinal, A.Pi, M.M, Kasubbag Umum BRPBATPP Bapak Arif Budiman, S.Pi, Sub Koordinator Penyuluhan BRPBATPP Bapak Iman Slamet, S.Kom, Koordinator Penyuluh Wilayah Kabupaten / Kota Propinsi Jawa Barat, Tim Penyuluhan dan Tim Tata Operasional BRPBATPP


Kegiatan diawali dengan penyampaian sambutan pengantar oleh Kasubbag Umum BRPBATPP, Bapak Arif Budiman menyampaikan bahwa capaian kinerja BRPBATPP tidak lepas dari kinerja para penyuluh di lapangan. Pada Tahun 2021 capaian kinerja penyuluh melebihi target yang ditetapkan, dan diharapkan pada Tahun 2022, capaian kinerja penyuluh juga dapat tercapai sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

 

Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Subang menyampaikan tentang sinergi dan koordinasi kegiatan penyuluhan antara Dinas dan Satminkal BRPBATPP. Tujuan Dinas Perikanan Kabupaten Subang adalah untuk Terwujudnya Peningkatan Produksi Perikanan, Konsumsi Ikan Masyarakat dan Akuntabilitas Kinerja Pelayanan Dinas Perikanan. Kabupaten Subang memiiki 30 kecamatan, 245 Desa dan 8 Kelurahan. Jumlah penyuluh Kabupaten Subang seanyak 10 orang yang terdiri dari PNS 5 orang dan PPB 5 orang, sehingga dengan luasan di Kabupaten Subang sangat kekurangan jumlah penyuluh.

 

Sub Koordinator Penyuluhan Bapak Iman Slamet menyampaikan tentang rincian capaian kinerja penyuluh pada Tahun 2021 dan target-target yang harus dicapai ada Tahun 2022. Pada Tahun 2022 terdapat penambahan IKU yaitu tenaga kerja yang mendukung kinerja Balai yang didapatkan dari jumla PPB, PPS dan pelaku UMKM. Untuk kinerja data kelompok yang disuluh harus dilengkapi dengan profil kelompok, dan pada kinerja peningkatan kelas kelompok harus dicantumkan nomer sertiifikat kelas kelompok sebelumnya. Pada Tahun 2022, terdapat stimulus anggaran untuk penumbuhan dan peningkatan kelas kelompok. Target penumbuhan kelompok yang mendapat anggaran sebanyak 150 paket dan untuk eningkatan kelas sebanyak 75 paket. Diharapkan penyuluh untuk segera mengirimkan bukti-bukti untuk penumbuhan dan peningkatan kelas yang sudah dilaksanakan.

Pada kegiatan Pembinaan Kinerja Penyuluh dan Koordinasi Kegiatan Penyuluhan untuk wilayah propinsi Jawa Barat ini disampaikan beberapa materi oleh narasumber sebagai berikut:

  1. Refleksi Kinerja Penyuluhan Tahun 2021 dan Rencana Tahun 2022 oleh Sub Koordinator Penyuluhan BRPBATPP (Iman Slamet, S.Kom.)
  2. Pengelolaan Kinerja dan Penyusunan SKP Berbasis Kinerja oleh Perencana Ahli Pertama BRPBATPP (Marina Dwi Astuti, S.P.)
  3. Permasalahan Kepegawaian Penyuluh Perikanan BRPBATPP oleh Analis Kepegawaian Pertama BRPBATPP (Firman Triana)


Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada seluruh koordinator penyuluh wilayah Propinsi Jawa Barat dalam melakukan penyusunan SKP tahun 2022 serta dalam menyelesaian SKP semester 2 Tahun 2021 agar sesuai dengan indikator kinerja yang terkait kegiatan penyuluhan khususnya, serta mendukung kinerja organisasi secara umum.

 

#KKPAccelerate

#EkonomiBiru

#RisetdanSDMKP

#MenteriKelautanPerikanan

#MenteriTrenggono

#SaktiWahyuTrenggono

@brsdmkp @puslatluhkp

 

Admin BRPBATPP   15 Maret 2022   Dilihat : 100



Artikel Terkait: