Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI RISET BUDIDAYA IKAN HIAS
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Memiliki Potensi, Kab Pasuruan Inisiasi Kerja Sama Budidaya Ikan Hias dan Pelatihan Bersama BRBIH

Pada hari Selasa 25 Februari 2020, BRBIH menerima kunjungan dari Dinas Perikanan Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Pasuruan, hadir pada pertemuan tersebut Kepala Dinas Perikanan, Ir. Slamet Nurhandoyono, Kabid Perikanan Budidaya beserta staff, kunjungan diterima langsung oleh Kepala Balai Dr. Idil Ardi beserta para peneliti dan staff.
.
Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas menyampaikan ketertarikannya untuk inisiasi kerja sama terkait pengembangan budidaya ikan hias. Di Kabupaten Pasuruan saat ini juga telah ada beberapa jenis ikan hias yang dikembangkan, tetapi saat ini Kabupaten Pasuruan lebih fokus untuk budidaya ikan jenis konsumsi baik tawar maupun laut
.
Slamet mengungkapkan bahwa perkembangan ikan hias di kab pasuruan saat ini masih ketinggalan, untuk itu diharapkan BRBIH sebagai salah satu Balai yang fokus pada penelitian ikan hias dapat membantu pengembangannya baik untuk budidaya maupun pemasaran “Saya berharap, Dinas Perikanan Kab. Pasuruan dapat belajar, agar potensi ikan hias ditempat kami dapat berkembang secara ekonomi, dikarenakan potensinya yang menjanjikan, dengan harga yang luar biasa dan  tidak diperlukan lahan yang luas untuk pengembangannya”
.
Melihat kabupaten pasuruan yang potensial,  salah satunya dilihat secara letak geografis dimana daerah Kabupaten Pasuruan memiliki letak wilayah yang strategis, yakni berada di antara tiga titik wilayah Surabaya, Malang, serta arah menuju Banyuwangi dan Bali. Keberadaan tiga wilayah strategis yang biasa dikenal dengan istilah Segitiga Emas. Segitiga Emas ini membuat Kabupaten Pasuruan menjadi mata rantai jalur ekonomi utama Jawa Timur, sangat cocok untuk wilayah perdagangan salah satunya perdagangan ikan hias. Begitu pula dengan Sumber Daya Alam yang mendukung yakni memiliki sumber daya air yang melimpah, pegunungan, dataran rendah, laut, pesisir serta energi listrik dan jalan yang memadai, selain itu juga ekonomi kreatif yang telah berjalan cukup baik diantaranya berhasil menjuarai perlombaan tingkat Internasional Nusatic dalam kejuaraan Aquascape, hal ini menjadi salah modal bagi Kabupaten Pasuruan untuk dapat meningkatkan budidaya ikan hias baik itu tawar maupun laut.
.
“Keunggulan yang dimiliki Kabupaten Pasuruan perlu didukung” ujar kepala Balai dalam sambutannya, selanjutnya BRBIH menyatakan kesiapannya untuk membantu Kab. Pasuruan baik untuk pelatihan di BRBIH Depok maupun pelatihan langsung di Kab. Pasuruan, BRBIH juga akan menyiapkan draft kerja sama terkait pengembangan budidaya ikan hias di Kab. Pasuruan “Diharapkan pengembangan ikan hias akan membawa nama daerah, kami sangat menyambut baik program kerja sama yang ditawarkan” lanjutnya.
.
Peneliti BRBIH Dr. Agus Priyadi dalam pertemuan tersebut menambahkan “Selain potensi ikan hias air tawar, bisa juga dikembangkan ikan hias air laut, kamipun memiliki peneliti yang spesifik untuk meneliti karang serta ikan hias air laut” selain budidaya diberikan juga arahan mengenai kerja sama dengan eksportir untuk pemasaran, agar kemajuan ekonomi masyarakat mengalami peningkatan yang siginifikan.
.
Kegiatan diskusi dilanjutkan dengan kunjungan lapangan secara langsung ke hatchery, hanggar dan showroom ikan hias.

Sawung   26 Februari 2020   Dilihat : 946



Artikel Terkait: