Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI RISET BUDIDAYA IKAN HIAS
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Melalui inovasi teknologi budidaya agar dapat menghasilkan ikan-ikan hias yang berkualitas

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor telah mengadakan pertemuan apresiasi kader/mitra mitra posikandu Kabupaten Bogor dengan tema pengembangan wawasan usaha perikanan kader/mitra melalui inovasi teknologi dan media online pada hari Kamis, 28 Agustus 2019, yang diprakarsi oleh bidang produksi pos pelayanan ikan terpadu Kabupaten Bogor. Pada acara ini dibuka oleh kepala Bidang Produksi Perikanan Drs. Deden dan menyampaikan sambutan tertulis dari Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ir. Hj. Siti Farikah, MM. Pada sambutannya diungkapkan bahwa potensi ikan hias di 40 kecamatan di bawah naungan Kabupaten Bogor sangat besar dengan sumber daya alam yang mendukung untuk pengembangan budidaya ikan hias. Beberapa kelompok pembudidaya di kecamatan banyak beralih komoditas ikan konsumsi ke ikan hias. Banyak pembudidaya ikan hias yang sudah berkembang di antanya ikan koi, maskoki, neon tetra, manfish, cupang, Sumatra green, Sumatra balon, dan lain-lain.
.
Pertemuan kader/mitra posikandu yang dihadiri perwakilan dari para pelaku usaha ikan hias, penyuluh, kepala UPT masing-masing kecamatan dan para kader mitra posikandu. Tema pertemuan ini adalah pengembangan wawasan usaha melalui inovasi teknologi budidaya yang dapat menghasilkan ikan-ikan hias yang berkualitas tinggi baik bentuk, ukuran warna, ketahanan penyakit dan ketahanan lingkungan. Peneliti dari Balai Riset Budidaya Ikan Hias Dr. Eni Kusrini, S.Si. M.Si. diundang sebagai narasumber dan berkesempatan memberikan materi dengan judul Inovasi Teknologi Budidaya Ikan Hias.
.
Diskusi terkait tentang pengembangan budidaya dan hasil-hasil litbang ikan hias yang telah teraplikasikan di masyarakat maupun yang berupa inovasi produk hangat berlangsung. Pengembangan inovasi teknologi budidaya terintergrasi dengan kemajuan teknologi media online, karena dunia perdagangan ikan hias yang sangat tergantung dengan salah satu dunia modern ini. Pos Pelayanan Ikan Terpadu (posikandu) mengembangkan wawasan usaha melalui media online untuk memperluas usahanya supaya dapat mendulang keuntungan besar di pasar internasional. Pertemuan diakhiri dengan pembentukan kelompok kader/mitra posikandu Kabupaten Bogor dan dipandu oleh Kepala Subbidang Kesehatan Lingkungan Bapak Yayan dan pakar media sosial Munawar, Ph.D.

Sawung   06 September 2019   Dilihat : 2243



Artikel Terkait: