Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI RISET BUDIDAYA IKAN HIAS
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Peneliti BRBIH Menjadi Pembicara Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Perikanan 2019

Dr. Eni Kusrini, salah satu peneliti di Balai Riset Budidaya Ikan Hias (BRBIH) menjadi pembicara pada kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) pembinaan dan pengembangan perikanan 2019. Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (10/04) di Kelurahan Karang Tengah, Kota Tangerang ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas ikan hias khususnya ikan cupang dikalangan kelompok pembudidaya. Kegiatan ini diikuti oleh kelompok pembudidaya ikan hias dari Tangerang.

Pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang tersebut Eni Kusrini menyampaikan materi tentang “Peningkatan kualitas dan kuantitas produksi ikan cupang melalui perbaikan nutrisi dan suplemennya”. Selama ini pakan buatan yang tersedia di pasaran masih terbatas skala kecil hanya untuk para penggemar dan nutrisi yang terbaik untuk cupang baik larva, benih dan induk sampai saat ini masih tergantung kepada pakan alami. Pakan alami untuk larva berupa Artemia, dan Infusoria, untuk benih berupa Moina dan Daphnia, sedangkan untuk induk dan calon induk berupa Kutu air, Cacing sutra dan Bloodworm

Menurut Eni sebagai peneliti ikan cupang “pernah dilakukan penelitian untuk feeding protocol terhadap ikan cupang dan formulasi pakan buatan untuk meningkatkan pertumbuhan dan agonistic (kemampuan menyerang lawan)”. Hasil penelitian tersebut diperoleh bahwa manajemen pakan pada ikan betta telah menghasilkan performa pertumbuhan dan perilaku agonistic yang baik.

Penggunaan pelet pada ikan betta mulai dari usia 2 bulan (60 hari) dapat diaplikasikan pada ikan cupang.  Penggunaan pelet tidak mengubah performa pertumbuhan dan perilaku agonistic pada ikan cupang, bahkan disinyalir lebih baik.  Bahan-bahan suplemen pakan untuk meningkatkan warna ikan cupang dapat diperoleh dari tepung udang atau pemberian daging udang yang dicincang halus dan dapat diberikan langsung kepada ikannya. Diskusi berkembang seputar budidaya ikan cupang tentang pemijahan, pendederan, pembesaran, penanganan akibat inbreeding, pengelolaan lingkungan, dan pengendalian hama dan penyakit.  Bimtek untuk pembudidaya ikan cupang di Karang Tengah Kota Tangerang ini diakhiri dengan foto bersama antara narasumber, pembudidaya, dan pihak penyelenggara Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang.

BIMTEK untuk pembudidaya ikan cupang di Karang Tengah Kota Tangerang ini diakhiri dengan foto bersama antara narasumber, pembudidaya, dan pihak penyelenggara Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang

Sawung   11 April 2019   Dilihat : 1378



Artikel Terkait: