Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI RISET BUDIDAYA IKAN HIAS
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Potensi Tanaman Air Duckweed

Potensi Tanaman Air Duckweed Sebagai Bahan Baku maupun Pakan Ikan Hias

Selama ini kita mengenal tanaman air yang sering digunakan sebagai pakan ikan dengan nama mata lele.  Ternyata nama populer mata lele di dunia internasional adalah Duckweed. Tanaman ini terdiri atas 14 jenis atau spesies, yang sering dimanfaatkan adalah dari genus Lemna dan Azolla.

Di Indonesia, mata lele dikenal dengan nama ilmiah Lemna minor padahal Lemna di Indonesia adalah jenis Lemna perpusilla Torr. Di LIPI Limnologi telah dikembangkan lima spesies Duckweed yaitu Lemna perpusilla, Ada empat jenis duckweed: Lemna percusilla, Landoltia punctata, Wolffia, Spyrodella, serta Azolla pinata.

Menurut Drs. Tjandra Crismadha M.Sc., peneliti Pusat Penelitian (Puslit) Limnologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Tumbuhan ini bersifat kosmopolitan atau bisa tumbuh di mana saja di daerah tropis, terutama pada perairan tergenang di ketinggian rendah.

Duckweed juga memliki Keunggulan lain yaitu laju pertumbuhan yang sangat cepat mencapai 40 persen per hari, umur hidupnya sekitar 10 hari dan mampu menghasilkan hingga 20 anakan yang menempel pada induknya. Tingkat produktivitas biomassanya juga cukup tinggi, yaitu 10 ton berat kering per hektar per tahunnya. Biomassa tumbuhan ini dapat dikeringkan dan disimpan untuk waktu yang relatif lama.

Duckweed juga memiliki nilai nutrisi yang tinggi, terutama protein. Kandungan proteinnya mencapai 40 persen dari berat keringnya. Selain kandungan protein yang baik, tumbuhan ini memiliki keunggulan dapat dikultur dengan biaya murah karena bisa tumbuh di air limbah yang mengandung unsur hara tinggi. Tanaman ini juga merupakan agen fitoremediasi untuk mengolah limbah cair.  membersihkan air dari unsur-unsur hara dan bahan pencermar lainnya, seperti bahan organik, nutrien, dan logam berat.

Selama ini Duckweed dimanfaatkan untuk pakan ikan konsumsi saja seperti Gurame, nila, mujair, mas, dan juga adaptif untuk lele. Pemberiannya dilakukan secara segar atau hidup. Padahal Duckweed punya potensi lain yaitu kandungan karotenoid dan aktifitas antioksidan yang cukup tinggi. Di China, Duckweed juga dikembangkan untuk tanaman herbal.

Duckweed pada ikan hias berpotensi dimanfaatkan sebagai pakan ikan dalam bentuk segar untuk jenis ikan cenderunv herbivor seperti mas koki, koi, gurame padang, dsb. Duckweed juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pakan yang disampaikan dalam formulasi pakan dalam bentuk pasta maupun tepung.

Potensi pemanfaatan Duckweed akan direncanakan dalam bentuk riset bersama, dan akan dilanjutkan dalam tahap kerjasama setelah dievaluasi perkembangannya. Semoga bermanfaat bagi kedua belah pihak/instansi dan juga masyarakat.

Sawung   18 Januari 2019   Dilihat : 8101



Artikel Terkait: