Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI PELATIHAN DAN PENYULUHAN PERIKANAN BANYUWANGI
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
MENYAMBUT TATANAN HIDUP BARU PEGAWAI BPPP BANYUWANGI LAKUKAN RAPID TEST

Banyuwangi (05/06) - Rapid test adalah skrining awal virus corona dalam tubuh melalui sampel darah. Sampel inilah yang memberi informasi adanya imunoglobulin atau IgM dan IgG dalam tubuh manusia. IgM dan IgG adalah antibodi yang dihasilkan tubuh saat terpapar virus corona. Jika rapid test menunjukkan hasil positif, pemeriksaan dilanjutkan dengan swab test yang menggunakan PCR. Swab test untuk memastikan IgM dan IgG diproduksi karena virus corona bukan yang lain.

Rapid test dilakukan dengan mengambil sampel darah yang dilakukan petugas kesehatan. Sampel darah tersebut diteteskan pada alat uji rapid test COVID-19 yang tersedia bersama cairan penanda antibodi. Hasil rapid tes akan terlihat perlu waktu 10-15 menit berupa garis pada keterangan C, IgG, dan IgM. Garis pada C mengindikasikan pasien negatif, sedangkan garis pada C dan IgG atau IgM menandakan pasien positif. Pada pasien negatif biasanya tes akan diulang dalam waktu 7-10 hari. Pengecekan ulang untuk memastikan tubuh tidak memproduksi IgM atau IgG akibat paparan virus corona. Pembentukan IgM dan IgG perlu waktu beberapa minggu bergantung pada reaksi tubuh.

Sehubungan dengan Surat Edaran Kepala Badan BRSDMKP Nomor :
836/BRSDMKP/VI/2020 tanggal 02 Juni 2020 tentang Protokol Kerja Tatanan Normal Baru dilingkungan Internal BRSDMKP. Berkenaan hal tersebut diatas, untuk menghindari pencegahan dan penularan Covid-19 dan pelaksanaan new normal kegiatan perkantoran, Jumat, 5 Juni 2020, Balai Pelatihan dan Penyuluhan (BPPP) mengundang Tim Kesehatan dari Rumah Sakit Yasmin Banyuwangi untuk melaksanakan Rapid Test. Petugas dengan APD lengkap dengan teliti mengambil 98 sampel darah untuk di uji dan alhamdulilah semua sampel menunjukan hasil Non-Reaktif.

Untuk kedepannya, dianjurkan untuk selalu menggunakan masker, lebih rajin mencuci tangan, terapkan physical distancing atau menjaga jarak, kurangi kegiatan yang melibatkan orang banyak dalam satu tempat, mengkonsumsi makanan sehat dan yang terpenting #ayomakanikan untuk meningkatkan imune tubuh.(hms)

Firman Pra Setia Nugraha   05 Juni 2020   Dilihat : 394



Artikel Terkait: