Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI BESAR RISET PENGOLAHAN PRODUK DAN BIOTEKNOLOGI KELAUTAN DAN PERIKANAN
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Kerja Sama Teknologi Pembekuan Udang Skala Kecil antara BBRP2BKP dengan BRPBAP3

Kementerian Kelautan dan Perikanan menargetkan Indonesia menjadi produsen udang vaname terbesar di dunia dengan jumlah produksi 16 juta ton per tahun. Langkah untuk mewujudkan target tersebut dilakukan dengan pembukaan tambak udang seluas 200 ribu hektare hingga 2024, dengan dua siklus panen 80 ton per hektare/tahun, sehingga dalam satu tahun analisa ekonominya bisa menghasilkan hampir Rp1.200 triliun.

 

Pada tahun 2020 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) mempunyai kegiatan program utama yaitu membuat percontohan model klaster tambak yang berkelanjutan. Pada tahun 2024 diharapkan terjadi kenaikan produksi sebesar 772.608 Ton dari produksi udang budidaya pada tahun 2019 sebesar 517.397 Ton. Untuk mewujudkan peningkatan produksi pada tahun 2024, pengembangan tambak udang telah dilakukan.

 

Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBRP2BKP) mendapatkan mandat untuk mendukung program tersebut, diantaranya dengan menyediakan teknologi pembekuan udang yang dapat diterapkan pada skala menengah, sehingga mudah diduplikasi oleh daerah-daerah yang menjadi sentra budidaya udang. Dalam pengembangan teknologi tersebut, BBRP2BKP bekerja sama dengan Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAP3) Maros untuk menyediakan unit pembekuan udang skala kecil. Pilot project pembekuan udang di Takalar diharapkan dapat menjadi salah satu usaha dalam mengendalikan kualitas udang guna mengimbangi tingginya produksi udang budidaya.

 

Pada tanggal 28 April 2021, Tim riset pembekuan udang BBRP2BKP berkoordinasi dengan Kepala BRPBAP3 dan jajarannya, untuk menyepakati beberapa hal yang akan mendukung kegiatan riset teknologi pembekuan udang. Pelaksanaan kegiatan riset utama pembekuan udang ini disinergikan dengan waktu panen udang di Instalasi Takalar pada bulan Juli 2021.

      

Erki Herdian   04 Mei 2021   Dilihat : 841



Artikel Terkait: