Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN APARATUR
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Pembukaan Pelatihan Teknis Pengawas Perikanan & Pelatihan Sertifikasi PBJ

 

Sukamandi__Senin 27 September 2021 Plt. Kepala Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan Kusdiantoro, S.Pi, M.Sc membuka dalam jaringan  secara resmi pelatihan teknis pengawas perikanan dan pelatihan sertifikasi pengadaan barang/jasa pemerintah tingkat dasar.

Hadir dalam pembukaan tersebut, Sekretaris Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Ir. Suharta, M.Si , Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan Dr. Lilly Aprilya Pregiwati, S.Pi, M.Si, Koordinator Bidang Dukungan Layanan Pengadaan, Biro Umum dan Pengadaan Barang /Jasa Tukhfatul Murid, S.H.,M.M, Direktur Pengawasan Pengelolaan Sumber Daya Perikanan Dr. Drama Panca Putra, S.Pi, M.Si, para widyaiswara dan fasilitator, serta peserta pelatihan.

Peserta Pelatihan Teknis Pengawas Perikanan, sebanyak 724 Peserta berasal dari PNS Direktorat Jenderal PSDKP dan PNS Dinas Provinsi/Kabupaten/Kota yang melakukan tugas pengawasan perikanan. Seluruh peserta akan mengikuti pelatihan dalam 2 tahap. Tahap pertama seluruh peserta mengikuti pelatihan secara MOOC (Massive Open Online Course) berupa pelatihan Full Elearning yang dilaksanakan melalui LMS E-Milea pada tanggal 27 September hingga 2 Oktober 2021. Peserta dengan nilai 80 dinyatakan LULUS dan dapat mengikuti tahap selanjutnya. Tahap kedua berupa tatap muka online yang akan dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober dan akan berakhir tanggal 10 Desember  2021, pelatihan tahap dua  terbagi menjadi 18 Angkatan.

Peran pengawas perikanan sagatlah penting dalam melakukan  kegiatan pengawasan yang bersifat teknis biologis terhadap kegiatan pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan dalam rangka tertib pelaksanaan peraturan perundang-undangan dan ketentuan. Karena itu setiap pengawas perikanan diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sama dalam melakukan kegiatan pengawasan. Widyaiswara Balai Diklat Aparatur Kelautan dan Perikanan dan Pengawas Perikanan yang telah memperoleh pelatihan metodologi pembelajaran LMS E-Milea akan menjadi tenaga pelatih dalam pelatihan ini.

Sedangkan Peserta Pelatihan Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa Tingkat Dasar berjumlah 40 orang dari lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan. Peserta akan mengikuti pelatihan dalam 3 tahapan. Tahap pertama seluruh peserta mengikuti pelatihan secara MOOC (Massive Open Online Course) berupa Full elearning melalui LMS PPSDM LKPP dari tanggal 27 September hinga 4 Oktober 2021. Tahap kedua peserta akan mengikuti tatap muka  secara klasikal di BDA KP Sukamandi dari tanggal 5 – 7 Oktober 2021. Tahap ketiga adalah Ujian sertifikasi PBJ yang akan dilaksanakan di Laboratorium BDA KP tanggal 8 Oktober 2021

Sumber Daya Manusia di Bidang Pengadaan barang/jasa pemerintah yang kompeten sangat mendukung dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah yang efektif, efisien serta mengutamakan prinsip-prinsip pengadaan. Karena itu Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai Diklat Aparatur Kelautan dan Perikanan dalam upaya menciptakan pengadaaan barang/jasa yang profesional bebas dari KKN, senantiasa bekerjasama dengan Pusdiklat PBJ LKPP menyelenggarakan pelatihan sertifikasi pengadaan barang/jasa pemerintah tingkat dasar. Pelatih dalam pelatihan ini berasal dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Humas BDA KP

Admin Balai Diklat Aparatur   29 September 2021   Dilihat : 334



Artikel Terkait: