Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN APARATUR
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
SALAH SATU HAMBATAN BEKERJA DI ERA NEW NORMAL DI BDA SUKAMANDI

Oleh : Ahmad Zayadi

Balai Diklat Aparatur KP

 

Idealnya setiap unit kerja pasti mendambakan bekerja sesuai dengan rencana. Contoh, bagi Balai Diklat Aparatur Sukamandi, yang telah terbiasa bertahun – tahun menjadi penyelenggara Diklat Aparatur KKP tentunya sudah tidak sulit lagi untuk menyusun rencana jadwal Diklat untuk 1 (satu) tahun.

Ketika datang awal bulan, di mana BDA Sukamandi telah menyusun rencana Diklat di tahun 2021, mulai dari Diklat Dasar CPNS, Diklat PKP, PKA, serta Diklat – Diklat baik teknis maupun fungsional lainnya, semua telah tersusun rapih untuk 1 (satu) tahun, namun tiba – tiba keluarlah Perlan no. 1 Tahun 2021 yang mengatur tentang prosedur pelaksanaan Diklat dasar CPNS, di mana terjadi banyak perubahan yang harus disosialisasikan, dan bahkan wajib dipedomani oleh seluruh lembaga Diklat pemerintah. Akhirnya rencana kegiatan Diklat yang sudah matang, harus berubah ditengah jalan, dan dampaknya seluruh Diklat yang sudah direncanakan pun akan bergeser.

Dengan dasar situasi dan kondisi saat ini, dimasa pandemi covid 19, maka Lembaga Administrasi Negara melakukan perubahan model Diklat.

Sebetulnya bukan hanya terkait perubahan perkalan saja yang menginspirasi tulisan ini, namun, salah satu bagian dari proses perubahan tersebut, akhirnya secara sistematis dan menyeluruh sosialisasinya harus dilakukan secara tuntas, dan tentunya sangat memakan waktu.

Kita sama – sama menyadari, terkadang sudah disosialisasikan saja pemahaman aturan perubahan tersebut masih multitafsir, sehingga masih membutuhkan  waktu lagi untuk saling menyamakan persepsi.

Kondisi inilah yang saat ini menjadi hambatan, mengapa akhirnya jadwal Diklat harus berubah, dan bahkan tidak bisa permanent. Terkait dengan perubahan – perubahan di dalam tahun berjalan, yang hingga saat ini belum ada solusi, jadi dari pihak BDA Sukamandi akhirnya hanya mengikuti irama yang berjalan, disamping tetap menjalankan serta menyelesaikan rencana yang telah tersusun yang masih bisa dilaksanakan saja. Cuma akhirnya baik pimpnan maupun bawahan mau tidak mau harus memprioritaskan pekerjaan dadakan yang notabene instruksi dari pusat atau dari mitra kerja, atau stake holder yang kebijakannya memang mampu mempengaruhi bahkan mengikat dalam pelaksanaan Diklat – Diklat pemerintah.

Admin Balai Diklat Aparatur   19 Maret 2021   Dilihat : 490



Artikel Terkait: