Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI BESAR RISET BUDIDAYA LAUT DAN PENYULUHAN PERIKANAN
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Launching Aplikasi ’GO-SIMPLE’ Inovasi Pelayanan Publik BBRBLPP

 

Gondol, 7 Mei 2018

Aplikasi GO-SIMPLE (Gondol Online Sistem Informasi Pelayanan Laboratorium Penguji) yang merupakan inovasi Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan untuk meningkatkan pelayanan publik telah dilaunching pada Senin, 7 Mei 2018 di Aula Dr. Adi Hanafi Gondol. Aplikasi ini bisa diakses melalui 2 platform yaitu website Sistem Informasi Pelayanan Laboratorium Penguji (SIMPLE) BBRBLPP Gondol dan android yang dapat diunduh melalui Playstore. Adanya aplikasi GO-SIMPLE dipercaya akan mempermudah stakeholder dalam memanfaatkan layanan laboratorium uji BBRBLPP.

Launching GO-SIMPLE dibuka oleh Kepala BBRBLPP Ir. Bambang Susanto, M.Si, yang dalam sambutan menyatakan bahwa "Aplikasi GO-SIMPLE merupakan inovasi pelayanan publik yang merupakan komitmen dari BBRBLPP dalam mendukung program Balai sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan diharapkan ke depannya akan menjadi Wilayah Bersih Birokrasi dan Melayanai (WBBM)". Project leader pengembangan aplikasi ini Ir. Ibnu Rusdi M.P menerangkan bahwa kedepannya semua pelayanan Balai akan berbasis online sehingga lebih mudah, cepat dan transparan.

Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan instansi Dinas KP Buleleng dan Balai KIPM Denpasar serta stakeholder dari pembudidaya antara lain dari CV. Multi benih, Global Resources Corporations, Bali Aquarich dll. Stakeholder diharapkan sudah menggunakan aplikasi ini untuk permohonan uji laboratorium mulai hari ini. Panduan penggunaan aplikasi GO-SIMPLE juga telah dibagikan dan diterangkan kepada semua stakeholder yang datang. Aplikasi ini disambut baik oleh para stakeholder yang sebagian besar menyatakan aplikasi ini akan menjadikan uji sampel lebih praktis, cepat dan akuntabel. Pembayaran untuk uji sampel secara non tunai juga sudah terakomodasi dalam aplikasi ini. 

Pengembangan aplikasi ini juga merupakan proyek perubahan Diklat PIM III Kabid PT, Sarana dan Penyuluhan, Ir, Ibnu Rusdi M.P. Menurut Edy Sutanto, A.Pi, M.Pd sebagai coach pada Diklat PIM III yang menghadiri launching menyetuji bahwa aplikasi ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kemudahan dan transparansi dalam pelayanan publik.

Selain launching GO-SIMPLE, juga disampaikan tentang sosialisasi sistem pembayaran jasa analisa laboratorium dengan sistem online oleh Bendahara Penerimaan BBRBLPP Hendra Kurniawan, A.Md, S.Pi. Pembayaran non-tunai merupakan salah satu upaya peningkatan transparasi dan pencegahan korupsi dalam pelayanan publik maka pelayanan non tunai dicetuskan. Mulai 8 Mei 2018 BBRBLPP GOndol tidak melayani pembayaran secara tunai.

 

 

 

Yasmina   07 Mei 2018   Dilihat : 1599



Artikel Terkait: