Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BADAN RISET DAN SUMBER DAYA MANUSIA KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kilas Berita  
Tekan Biaya Produksi, BPPP Banyuwangi Melatih Pembudidaya Ikan Seruyan untuk Membuat Pakan Ikan Buatan

BP3 Banyuwangi latih Pembudidaya Ikan Seruyan

Seruyan – Dalam rangka mendukung program gerakan pakan ikan mandiri Kementerian Kelautan dan Perikanan, Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi menyelenggarakan pelatihan pembuatan pakan ikan buatan. Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 5 hari pada tanggal 07 - 11 Mei 2018 di Desa sungai undang Kec. Seruyan hilir Kab. Seruyan dan diikuti oleh 30 orang pembudidaya ikan.

Dalam pelatihan ini para pembudidaya ikan diajarkan teori dan praktIk pembuatan pakan ikan buatan meliputi pemilihan bahan, penyusunan formulasi pakan ikan, pengolahan bahan baku, mencetak pakan dan pengemasan. Pada pelaksanaan pelatihan pembuatan pakan ikan pembudidaya juga himbau memanfaatkan bahan baku lokal dalam pembuatan pakan ikan, dimana bahan baku yang digunakan merupakan limbah yang belum termanfaatkan dan harga bahan yang murah. Hal ini dilakukan untuk menekan biaya produksi budidaya ikan.

Pelatihan ini sangat disambut antusias oleh peserta yang selama ini mengeluhkan harga pakan ikan yang semakin tinggi. Setelah pelatihan ini diharapkan peserta mampu membuat pakan ikan secara mandiri dengan kualitas yang sama dengan pabrikan. Dengan penggunaaan pakan ikan buatan sendiri diharapkan dapat menekan biaya produksi budidaya dan meningkatkan keuntungan pembudidaya ikan, dimana hal tersebut berimbas pada peningkatan kesejahteraan pembudidaya ikan di kabupaten seruyan. (ALP)

Harjuno Sistiyanto   15 Mei 2018   Dilihat : 132



Artikel Terkait:
Website Security Test