Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BADAN RISET DAN SUMBER DAYA MANUSIA KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kilas Berita  
Tim Kesling BBRBLPP Gondol Aadakan Pemantauan Lingkungan dan Kejadian Penyakit di Kawasan Budidaya Laut Bali Utara

BBRBLPP Adakan pemantauan Lingkungan

Bali - Intensifikasi pengembangan kawasan perikanan di Bali Utara, khususnya kawasan pantai Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, secara tidak langsung dapat menimbulkan perubahan lingkungan perairan laut di sepanjang pantai Bali Utara. Dampak dari perubahan lingkungan perairan salah satunya dapat menimbulkan penyakit infeksi pada pembenihan maupun pembesaran ikan kerapu di Kecamatan Gerokgak. Oleh karena itu Tim Kesatuan Lingkungan (Kesling) Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan (BBRBLPP)Gondol mengadakan pemantauan lingkungan perairan pantai dan kejadian penyakit di sentra pembenihan dan pembesaran ikan dalam secara berkelanjutan.

Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan perairan di kawasan budidaya laut di Kecamatan Gerokgak dan kejadian penyakit infeksi pada ikan laut yang dibenihkan di hatcheri maupun ikan laut yang dibesarkan pada KJA di tahun 2018. Output kegiatan ini berupa data dan informasi kondisi perairan di pesisir pantai dan kejadian penyakit di kawasan budidaya laut di Bali Utara.

Penelitian ini terdiri dari 2 kegiatan yaitu pemantauan lingkungan perairan di kawasan budidaya laut di Bali Utara yang dilaksanakan pada bulan Februari - November 2018 di kawasan budidaya laut di Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Pengamatan kualitas air meliputi: suhu, salinitas, total suspended solid, oksigen terlarut, total fosfat, total nitrogen, ammonia, nitrat, total bakteri, total Vibrio sp., sedimen, kecerahan, dan kedalaman.

Sedangkan kegiatan kedua yakni kejadian penyakit di sentra budidaya laut di Bali Utara. Kegiatan ini dilakukan pada waktu yang bersamaan dengan kegiatan pertama, dengan melakukan sampling ikan yang dipelihara di hatcheri di Desa Gerokgak dan Desa Penyabangan (masing-masing 3 hatcheri), serta sampling ikan yang dibesarkan di 3 KJA di Teluk Kaping, Desa Sumberkima. Pengamatan dan analisa meliputi kondisi ikan, parasit, total bakteri pada hati ikan, virus VNN dan Irido.

Harjuno Sistiyanto   15 Mei 2018   Dilihat : 144



Artikel Terkait:
Website Security Test