Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BADAN RISET DAN SUMBER DAYA MANUSIA KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Peningkatan Kualitas Karya Tulis Peneliti Pusriskan di Tingkat Nasional maupun Internasional

Semnas Pusriskan

Jakarta - Pusat Riset Perikanan (Pusriskan) – Badan Riset dan Sumber Daya manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) menyelenggarakan acara Seminar Hasil Riset Perikanan (SHRP) yang terlaksana pada 26 – 27 Agustus 2019, di Ruang Nila GMB IV.

Dalam sambutannya, Kapusriskan Waluyo Sejati Abutohir mewakili Kepala BSDM, menyampaikan bahwa SHRP merupakan media komunikasi ilmiah para peneliti perikanan lingkup BRSDM dan sebagai sarana penjaringan Karya Tulis Ilmiah (KTI) berkualitas yang diterbitkan pada jurnal terakreditasi baik tingkat nasional maupun internasional.

Di hari pertama, SHRP menampilkan seminar Karya Tulis Ilmiah sebanyak 68 makalah oleh para peneliti lingkup Pusat Riset Perikanan bersama 12 evaluator dari para Profesor Riset dan Peneliti Utama serta tim perumus lingkup Pusat Riset Perikanan.

“Melalui kegiatan ini, saya berharap hasil riset penelitian Pusriskan dapat dikenal oleh unit kerja eselon I KKP selain BRSDM KP sehingga riset perikanan diketahui secara luas oleh stakeholder terkait dan dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kesejahteraan masyarakat memalui jejaring kerja sama yang terjalin antar pihak dan sekaligus mempromosikan 2 jurnal riset perikanan yang berskala internasional sedang dalam proses terindex scopus yaitu Indonesian Fisheries Research Journal dan Indonesian Aquaculture Journal,” ucap Waluyo.

Di samping itu, SHRP juga terlaksana sebagai salah satu langkah dan komitmen serta upaya Pusriskan dalam mewujudkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang menjadi fokus Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan sebagai percepatan proses hilirisasi hasil inovasi riset perikanan. Diharapkan dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat untuk mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional yang bersumber dari riset dan inovasi perikanan, peningkatan reputasi dan pengembangan lembaga.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh pembicara kunci yakni Ketum Hompenindo Syahrir Ika, berjudul ‘Perkembangan dunia penelitian terkini, etika peneliti, Himpenindo, dan prospek peneliti ke depan’.

Di hari kedua, materi akan diisi oleh Kepala BRSDM Sjarief Widjaja sebagai pembicara kunci yang akan menyampaikan materi perihal ‘Riset Perikanan sbg Komponen Pendongkrak Peningkatan Produktivitas dan Nilai Ekspor Produk Perikanan’.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 150 peserta yang terdiri dari Pejabat Eselon II lingkup BRSDM KP, perwakilan unit kerja eselon I KKP, Kepala UPT lingkup Pusriskan, Narasumber dari Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo), Evaluator dari Profesor Riset Perikanan, Peneliti Senior, Tim Perumus Pusriskan, Eselon III dan IV BRSDM KP dan para peneliti sebagai pemakalah.

Pusat Riset Perikanan mengelola jurnal ilmiah terakreditasi nasional yang bereputasi internasional bertaraf sedang (Sinta 2) sebanyak 7 jurnal dengan total penerbitahan tiap tahunnya 19 nomor dan jumlah Karya Tulis Ilmiah (KTI) per tahun rata-rata 137 KTI. Terdapat 3 jurnal Pusat Riset Perikanan yaitu IAJ, JRA dan MA dihapus oleh lembaga pengindeks DOAJ. Pengelola jurnal bekerja sama dengan evaluator dan dukungan peneliti untuk mengembalikan DOAJ di tahun ini melalui penerbitan yang konsisten dan kualitas jurnal ilmiah yang terpenuhi.

Kondisi KTI yang ada pada tiap jurnal mengalami penurunan jumlah dan kualitas sehingga penerbitan jurnal terhambat.  Dalam rangka meningkatkan kualitas KTI dan konsistensi penerbitan jurnal ilmiah, Pusat Riset Perikanan menyelenggarakan Seminar Hasil Riset Perikanan (SHRP) 2019.(ALP)

Harjuno Sistiyanto   26 Agustus 2019   Dilihat : 168



Artikel Terkait: