Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BADAN RISET DAN SUMBER DAYA MANUSIA KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Raih Anugerah Iptek dan Inovasi 2019, Wujud Keseriusan BRSDM dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Inovasi

Denpasar – Setelah melalui tahap seleksi dan evaluasi tim penilai Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau dan Penyuluhan Perikanan (BRPBAP3) Maros – Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM), berhasil meraih Anugerah Iptek dan Inovasi 2019,  Peringkat I kategori Prayoga Sala.

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan Keputusan Menristekdikti Nomor 214/M/KPT/2019 tentang Penerima Anugerah Iptek dan Inovasi 2019. Penghargaan diberikan sebagai apresiasi terhadap upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta inovasi dalam peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke 24 Tahun 2019. 

Rencananya, penghargaan akan diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, pada malam penutupan Pameran Riset, Inovasi, dan Teknologi Ritech Expo 2019, Rabu, 28 Agustus 2019.

Penghargaan Prayoga Sala merupakan anugerah yang diberikan kepada Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang) atas prestasi pelaksanaan iptek dan inovasi yang berhasil, hingga dapat menciptakan nilai tambah, baik dalam bentuk komersil, ekonomi maupun sosial-budaya.

Dalam hal ini, BRPBAP3 berhasil unggul atas penilaian keseluruhan kinerja litbang, meliputi: Perencanaan, Infrastruktur, Budaya Inovasi, Kapasitas SDM, Sistem Informasi dan Hasil Inovasi berupa Probiotik RICA; Teknologi  Super Intensif Plus IPAL; Larva SPF; Kit Deteksi Vibriosis; Pakan Mandiri dan SiPetak.

Di samping itu, satker BRSDM khususnya yang berada di Provinsi Bali dan sekitarnya, turut berpartisipasi dalam Ritech Expo 2019 dengan menampilkan hasil riset, pendidikan, pelatihan, serta penyuluhan, yakni Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan (BBRPBL), Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan (BBRSEKP), Balai Riset dan Observasi Laut (BROL), Loka Riset Perikanan Tuna (LRPT), Loka Riset Budidaya Rumput Laut (LRBRL), Poltek Jembrana, Poltek Sidoarjo, Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Tegal.

Ritech Expo 2019 terlaksana dalam rangkaian acara peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-24  bertemakan ‘IPTEK dan INOVASI dalam Industri Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0’, di Lapangan Puputan Renon, Denpasar, Provinsi Bali, pada 25 – 28 Agustus 2019. Ritech Expo 2019 menyajikan berbagai produk inovasi unggulan dari perguruan tinggi, lembaga riset, industri, hingga para inovator yang keseluruhannya merupakan karya anak Bangsa.(ALP)

Harjuno Sistiyanto   26 Agustus 2019   Dilihat : 212



Artikel Terkait: