Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

STASIUN KIPM YOGYAKARTA
BADAN KARANTINA IKAN, PENGENDALIAN MUTU DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN
Kilas Berita  
Sosialisasi Budaya Kerja, Stasiun KIPM Yogyakarta Siap Tingkatkan Kinerja dan Integritas PNS

Yogyakarta (13/04) - Dalam rangka meningkatkan kinerja dan integritas Aparatur Sipil Negara di lingkungan Stasiun KIPM Yogyakarta, maka Stasiun KIPM Yogyakarta melalui Agen Perubahan menggelar acara Sosialisasi Penerapan Budaya Kerja bertempat di Ruang Rapat dan Virtual melalui zoom meeting, Selasa (13/4).

 

Pada kesempatan itu, Kepala Stasiun KIPM Yogyakarta Hafit Rahman dalam sambutannya menyampaikan bahwa  kegiatan tersebut  memiliki makna yang strategis dalam upaya membangun mind set dan budaya kerja (culture set)   dilingkungan Stasiun KIPM Yogyakarta. Perubahan sistem, aturan, kebijakan relatif lebih mudah dan cepat, namun mengubah mind set dan culture set memerlukan upaya yang terus menerus dengan strategi yang tepat dan konsisten.

 

Oleh karena itu, menurutnya  disinilah pentingnya internalisasi dan sosialisasi dalam sebuah kerangka institusi. Betapa bagusnya sebuah aturan, sistem ataupun struktur dalam sebuah institusi bila tidak didukung dengan mind set dan budaya kerja (culture set) di dalam diri setiap aparatur negara maka tidak akan ada integritas dan kinerja yang tinggi. 

 

 

Saat ini Stasiun KIPM Yogyakarta telah menetapkan nilai-nilai Budaya Kerja dalam melalui SK Kepala Stasiun KIPM Yogyakarta Nomor 75/38.0/KPTS/I/2021 Budaya Kerja yang telah ditetapkan dimaksud yaitu bernama ISTIMEWA singkatan dari integritas, Setiti, Trengginas, Ikhlas, Migunani, Eling, Wicaksana, Andap Asar. Delapan nilai ini merupakan representasi dari sekian banyak nilai yang dianut oleh pegawai agar dapat bekerja dengan baik.

 

Melalui sosialisasi tersebut, Hafit Rahman  mengharapkan agar semua peserta memahami, menghayati dan berkomitmen untuk memegang teguh nilai-nilai Budaya Kerja.

 

“Tidak hanya sampai di sosialisasi saja, namun juga dapat menginternalisasi nilai-nilai Budaya Kerja tersebut pada unit kerja masing-masing,” tegasnya.

 

Lebih lanjut, acara yang diinisiasi oleh agen perubahan di lingkungan Stasiun KIPM Yogyakarta berkesempatan mendapat sosialisasi dari drh. Dedi Irawan Supriyanto yang menyampaikan bahwa suatu organisasi akan dapat bekerja dengan maksimal apabila individu didalamnya paham dan mencermati budaya yang ada.

 

Delapan nilai ini merupakan representasi dari sekian banyak nilai yang dianut oleh pegawai agar dapat bekerja dengan baik. Jika kedelapan nilai tersebut benar-benar tertanam dalam hati, pikiran, sikap dan perilaku kita sehari-hari, maka akan dengan cepat tercapai tujuan dari Reformasi Birokrasi yaitu mewujudkan birokrat yang bersih, akuntabel, berkinerja tinggi, efektif, efisien, dan memiliki semangat melayani dan pada gilirannya akan menjadi panutan (role model) bagi Stasiun KIPM Yogyakarta.

 

Humas BKIPM Yogyakarta   13 April 2021   Dilihat : 37



Artikel Terkait: