Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BADAN KARANTINA IKAN, PENGENDALIAN MUTU DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN
Kilas Berita  

Konferensi Press Penggagalan Penyelundupan Benih Lobster & Pemberian Penghargaan Para Penegakan hukum Bidang Kelautan dan Perikanan

JAKARTA (5/10/2019) – Pemerintah melalui Tentara Nasional Republik Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia, pada tanggal 3 dan 4 Oktober 2019 berhasil menggagalkan upaya penyelundupan  benih lobster (BL) sebanyak 440.770  ekor, dengan nilai Sumber Daya Ikan/SDI yang berhasil diselamatkan sebesar Rp. 66.194.650.000,- (enam puluh enam milyar seratus sembilan puluh empat juta enam ratus lima puluh ribu rupiah) .

 Penindakan terhadap jaringan sindikat penyelundupan BL merupakan hasil  komunikasi, kerjasama dan koordinasi (K3) antara Kepolisian Daerah Jambi, Tim Intel  LANTAMAL III dan Tim Sitel LANAL Banten, Tim LANTAMAL IV GUSKAMLA KOARMADA I dan LANAL Batam, dan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan.  Tempat kejadian perkara (TKP) adalah sebagai berikut:  1) Tepi jalan dekat sungai, di parit 8 Desa Majelis Hidayah, Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi; 2) Gudang milik H. Oman dengan alamat : Desa Muara Binuangen, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak; 3) Perairan Selat Kelelawar, Kepulauan Riau.

 Berdasarkan hasil penggagalan dan penanganan upaya penyelundupan BL tersebut, telah diamankan 2 (dua) orang pelaku di wilayah Banten, sedangkan pelaku-pelaku penyelundupan BL di wilayah Jambi dan Kepri melarikan diri.