Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BADAN KARANTINA IKAN, PENGENDALIAN MUTU DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN
Kilas Berita  
Mengenal Tilapia, Si Lezat dan Kaya Manfaat

Jakarta - Ikan tilapia atau yang lebih akrab disapa ikan nila merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang mudah dan murah didapatkan, sehingga seringkali dijadikan sebagai santapan rumahan oleh masyarakat.

 

Ikan air tawar ini dapat dengan mudah dikenali dari warna tubuhnya yang kehitaman atau keabuan dengan belang  berupa pita gelap yang melintang di tubuhnya yang akan semakin mengabur ketika ia dewasa.

 

Ikan ini memiliki ukuran tubuh sedang yaitu sekitar 30 cm. Ikan tilapia termasuk jenis omnivora atau pemakan segala sehingga kurang bagus jika disebarkan di sungai atau danau karena dapat menjadi hama yang memakan berbagai flora dan fauna yang lebih kecil di sungai atau danau.

 

Hampir 30 tahun, ikan nila Indonesia ini diekspor ke Amerika dan Eropa. Saat ini, nilai ekspor ke Amerika mencapai USD120 juta. "Pasar ekspor kami naik terus. Mayoritas ekspor ke Amerika. Permintaan ikan tilapia di sana sangat besar. Tilapia ikan nomor empat yang banyak dikonsumsi di Amerika," ujar Ratna Yudythia, Marketing Manager Regal Springs Indonesia, pada Sabtu (23/3).

 

Regal Springs Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi fillet Tilapia. Regal Springs Indonesia beroperasi dengan dua pabrik yaitu Medan dan Semarang. Keduanya telah mendapatkan sertifikat mutu yang diakui berbagai badan sertifikasi dalam dan luar negeri. 

 

"Kami telah memiliki sertifikat mutu. Dalam pengurusannya, kami akui sangat dipermudah asalkan semua dokumen sudah ada," tambahnya.

 

Di tahun 2019 ini Regal Springs berkomitmen melayani pasar domestik di Indonesia dengan kualitas produk yang sama dengan produk yang diekspor ke Amerika Serikat, Eropa, dan Australia.

 

Tilapia dapat diolah menjadi fillet, yang selama ini banyak diekspor ke Amerika dan Eropa. Ketika diolah, fillet nila ini cukup kenyal namun dengan tekstur yang terasa di lidah.

 

"Banyak cara untuk mengolah ikan nila ini, mulai dari digoreng, nila tepung, dan lainnya. Agar lebih variatif, Anda bisa membubuhkan berbagai cita rasa saus," tutupnya.

BKIPM   25 Maret 2019   Dilihat : 711



Artikel Terkait: