Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BADAN KARANTINA IKAN, PENGENDALIAN MUTU DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN
Kilas Berita  
Gelembung Ikan, Isi Perut yang Kaya Manfaat dan Bernilai Ekonomi Tinggi

Gelembung ikan atau gelembung renang, atau yang biasa disebut fish maw merupakan salah satu organ pada ikan, berisi gas seperti oksigen dan memiliki tekanan yang berubah-ubah. Organ ini memiliki fungsi penting bagi ikan, seperti misalnya membantu ikan untuk mengapung di dalam air, sehingga ikan tidak harus berenang secara terus menerus untuk mempertahankan posisinya di dalam air. Gelembung ikan akan mengatur volume tubuh ikan yang disesuaikan dengan berat jenis air dalam kedalaman tertentu. Selain itu gelembung ikan juga menjadi salah satu alat ikan untuk beradaptasi.

 

Namun, tidak semua ikan memiliki gelembung ikan. Ikan yang tinggal di laut dalam dan ikan yang memiliki tulang rawan seperti hiu, sepatu roda dan sinar tidak memiliki gelembung ikan. Gelembung ikan yang banyak dicari adalah ikan jenis kakap, gulama, dan ikan kurau. Selain fungsinya padaikan itu sendiri, gelembung ikan yang telah dipisahkan dari tubuh ikan memiliki manfaat juga untuk kesehatan manusia.

 

Adapun manfaat dari gelembung ikan bagi kesehatan yakni sebagai sumber kolagen, meningkatkan metabolisme tubuh, dan meningkatkan kecerdasan bayi.

 

a. Sebagai sumber kolagen


Kolagen sendiri banyak ditemukan pada produk kecantikan, karena salah satu fungsi kolagen yakni untuk menjaga kesehatan kulit wajah agar tetap kencang sehingga tidak terlihat berkeriput. Selain membuat kulit kencang, kolagen juga dapat menjaga kulit secara keseluruhan sehingga kulit wajah menjadi lebih sehat.

 

Selain untuk menjaga kecantikan wajah, kolagen juga memiliki fungsi yang lain, yakni untuk menjaga daya tahan tubuh. Kolagen tidak hanya membantu kesehatan kulit, tetapi juga membangun beberapa organ tubuh dan bagian tubuh diantaranya tulang, sendi, otot dan gigi. Hal ini disebabkan, karena kandungan kolagen normal pada tubuh yakni 30% dari jumlah keseluruhan protein dalam tubuh.


b. Meningkatkan metabolisme


Gelembung ikan memiliki fungsi meningkatkan metabolisme pada tubuh. Peningkatan metabolisme pada tubuh akan berdampak baik bagi kesehatan. Dengan metabolisme yang baik, maka pembakaran kalori dalam tubuh juga baik. Metabolisme tubuh yang baik, maka tubuh akan menjadi lebih fit, berenergi dan berat badan juga akan terkontrol. Selain itu, meningkatnya metabolisme dalam tubuh juga dapat memperbaiki kerusakan pada tubuh, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, serta menyerap nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam sistem pencernaan.

 

c. Meningkatkan kecerdasan bayi


Gelembung ikan juga dapat meningkatkan kecerdasan otak janin di dalam rahim sang Ibu. Ibu hamil yang mengkonsumsi gelembung ikan sama dengan memberikan makanan berupa nutrisi yang baik untuk janin di dalam rahimnya. Hal tersebut secara tidak langsung akan menambah kecerdasan otak bayi dan membantu sirkulasi darah pada janin bayi.


Menilik tentang harga jualnya, benda yang mirip kerupuk mentah keras ini memiliki nilai yang fantastis. Pasalnya para nelayan di Merauke, Papua, maupun daerah lainnya, gelembung ikan salah satu alasan mereka berada di tengah laut selama berpuluh-puluh hari.

 

Nilai gelembung ini dipengaruhi oleh jenis kelamin ikannya. Ternyata beda harga antara gelembung ikan jantan dan betina. Bila jantan pinggirnya cenderung berbentuk tipis dan tengahnya tebal. Jika ikan betina, permukaan gelembung ikan cenderung tebal, tapi di dalamnya sedikit. Nah inilah yang menjadikan harga gelembung jantan lebih mahal harganya.

 

Gelembung gulama per 1 klo dapat mencapai belasan juta. Adapun gelembung kakap cina jantan, per kilonya dapat mencapai puluhan juta rupiah.

BKIPM   11 Desember 2018   Dilihat : 64658



Artikel Terkait: