Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BADAN KARANTINA IKAN, PENGENDALIAN MUTU DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN
Kilas Berita  
Kaya Nutrisi, Ikan Air Tawar Ini Bisa Jadi Alternatif Pilihan Menu Ikan

Minat masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi ikan masih sangat rendah. Padahal, ikan mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan. Tak hanya ikan laut yang banyak ditemukan di pasaran, ikan air tawar yang umumnya hidup di sungai dan danau juga memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah bagus.



Nutrisi ikan air tawar ini dapat diperoleh dari ikan nila, kakap putih, sarden air tawar, lele, dan berbagai ikan tawar lainnya. Kandungan asam lemak omega 3, protein, selenium, vitamin D dalam ikan sangat baik bagi tubuh karena rendah kandungan lemak jenuh.



Di Indonesia, ikan air tawar yang sudah biasa dijadikan menu sehari-hari sebagai berikut:



1.    Nila
Ikan nila merupakan pilihan tepat utamanya bagi kamu yang tidak suka ikan berbau amis. Nila juga mudah diolah dan memiliki cita rasa yang gurih. Ia juga mengandung vitamin B12, senyawa penting untuk menjaga energy dalam tubuh; protein; mineral; dan kandungan vitamin lainnya. Oleh karena itu, nila juga baik dikonsumsi bagi yang tengah sakit atau lansia yang memiliki risiko penyakit jantung, kolestrol, dan tekanan darah tinggi.



2.    Kakap putih
Kakap putih (Nile Perch) umumnya memiliki ukuran besar sehingga tersedia dalam bentuk fillet atau steak. Meski berukuran besar, teksturnya sangat lembut dan mudah dicerna. Ikan ini juga menjadi sumber terbaik asam lemak omega 3.



3.    Sarden Air Tawar
Sarden air tawar berukuran kecil berwarna perak dengan rasa yang unik. Kadang sarden ini disajikan dalam bentuk kering dan dikonsumsi dalam bentuk utuh. Ikan ini mengandung vitamin A, B, dan B kompleks, kalsium, kalium, dan magnesium. Kandungan ini baik untuk perkembangan gigi dan tulang anak dan mendukung kesehatan ibu hamil.



4.    Lele
Lele merupakan ikan air tawar yang paling terkenal dan paling mudah ditemukan di Indonesia. Ikan ini mengandung banyak nutrisi seperti protein, lemak, kalsium, vitamin C, vitamin A, natrium, dan zat besi. Ikan ini juga memiliki kadar merkuri yang rendah sehingga aman dikonsumsi ibu hamil.



Intinya berbagai jenis ikan tersebut dan ikan-ikan lainnya baik dan aman dikonsumsi asal tahu cara mengolahnya dengan benar.



Kamu yang ragu mengonsumsi ikan karena mengkhawatirkan kandungan berbahaya dalam ikan misalnya merkuri, sebaiknya mengenali kandungan ikan yang ingin dikonsumsi terlebih dahulu. Ikan lele, nila, sarden, salmon, cumi-cumi, atau teri misalnya adalah jenis ikan rendah kandungan merkuri.



Tak kalah penting, pastikan mengonsumsi ikan dalam keadaan yang segar yang dapat diperiksa dari tekstur daging, bentuk mata, dan warna insangnya. Yuk cerdas memilih ikan konsumsi dan mari sehat bersama.

BKIPM   29 November 2018   Dilihat : 4012



Artikel Terkait: