Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BADAN KARANTINA IKAN, PENGENDALIAN MUTU DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN

Kilas Berita  
SKIPM – PSDKP Tahuna Selamatkan Siput Lola dan Triton Terompet

Manado – Upaya penyelamatan sumber daya perikanan kembali dilakukan oleh Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Tahuna bersinergi dengan Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP). Selasa (8/5), kedua instansi melakukan penggagalan penangkapan siput lola (Trochus niloticus) dan triton terompet (Charonia tritonis) yang dilarang penangkapannya.

Kepala SKIPM Tahuna Geric Hellesen Bhayangkara Putra Lumiu mengatakan, petugas berhasil menggagalkan penangkapan siput lola dan triton terompet oleh masyarakat nelayan dengan menggunakan perahu dan kompresor. Menurutnya nelayan tersebut berasal dari Kampung Lebo, Kecamatan Manganitu, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.

Penangkapan dan pengeluaran dua komoditi perikanan ini dilarang karena keduanya termasuk ke dalam satwa yang dilindungi keberadaannya berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

“Kami melakukan penyelamatan ini karena adanya laporan dari masyarakat, sehingga kami langsung turun lapangan dan menyelamatkan sumber daya perikanan tersebut," ungkap Geric.

Ke depan, ia ingin sosialisasi mengenai hewan yang dilindungi ditingkatkan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi masyarakat. Selain itu, ia berharap masyarakat tak lagi melakukan pelanggaran dengan menangkap sumber daya kelautan yang dilindungi demi menjaga kelestarian sumber daya laut Indonesia

BKIPM   08 Mei 2018   Dilihat : 111



Artikel Terkait:

Tanggal Publish : 08 Mei 2018

 

  Dilihat : 111
   ss
BKIPM

   

 

-->
Website Security Test