Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BADAN KARANTINA IKAN, PENGENDALIAN MUTU DAN KEAMANAN HASIL PERIKANAN
Kilas Berita  
BKIPM Palu Adakan Pelatihan Pengolahan Produk Perikanan Untuk Pelaku Industri Rumah Tangga

 

 

Palu - Pasca bencana gempa, likuifaksi dan tsunami pada 28 September 2018 perekonomian masyarakat Palu, Sigi dan Donggala mengalami pertumbuhan ekonomi yang melambat. Sumberdaya perikanan belum dapat dimanfaatkan secara optimal karena rusaknya  sarana/prasarana alat penangkapan dan budidaya ikan serta psikologis masyarakat yang masih trauma untuk beraktivitas.

Stasiun KIPM Palu dan Dinas Perikanan Kabupaten Donggala bekerjasama dalam peningkatan produktifitas masyarakat pelaku usaha bidang perikanan dengan menyelenggarakan kegiatan pelatihan bagi pelaku usaha pengolahan ikan di Kabupaten Donggala.

Warga Kecamatan Tombu Sabora Kabupaten Donggala pada Selasa 3 September 2019 telah diberikan Pelatihan Pengolahan Produk Perikanan Untuk Pelaku Industri Rumah Tangga. Peserta pelatihan sebanyak 25 orang yang terdiri dari Ibu-ibu rumah tangga, turut hadir Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Donggala, Camat Tombu Sabora, Kepala UPTD Dinas perikanan, serta penyuluh perikanan.

Pelatihan Good Manufacturing Practice (GMP) merupakan cara atau teknik berproduksi yang baik dan benar untuk menghasilkan produk yang benar memenuhi persyaratan keamanan dan mutu. Sedangkan Pelatihan Sanitasi Standar Operasional Prosedur (SSOP) menjadi pedoman proses sanitasi dapat secara efisien mengendalikan bahaya keamanan pangan yang umum dijumpai di lingkungan pengolahan.

“Agar olahan yang dihasilkan bisa mengalami peningkatan nilai, sehingga ekonomi masyarakat terdampak bencana kembali pulih maka Kami memberikan Pelatihan Penerapan Good manufacture Practises dan Standard Sanitation Operation Procedure bagi pelaku industri pengolahan ikan skala rumah tangga” tutur Irmawan Syafitrianto, Kepala sub Seksi Pengawasan, Pengendalian dan Informasi Stasiun KIPM Palu.

BKIPM   03 September 2019   Dilihat : 55



Artikel Terkait: