Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN APARATUR
BADAN RISET DAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
SAHABAT BERBAGI BDA

Segala puji milik Alloh SWT penguasa jagat dan semesta, sholawat dan salam tercurah dan terlimpah kepada Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan ramadhan 1443 H di BDA KKP diisi dengan kegiatan berbagi, baik berbagi ilmu maupun pengalaman spiritual dari rekan – rekan pegawai.

Sahabat Berbagi adalah sarana untuk saling berbagi ilmu, pengalaman spiritual, dan juga wahana untuk menebar kebaikan sebanyak – banyaknya.

Kegiatan berbagi tersebut terinspirasi dengan datangnya bulan Ramadhan 1443 H. Di mana pada bulan Ramadhan Alloh SWT menebarkan begitu banyak kebaikan untuk umat nabi Muhammad SAW.

Harapannya semoga dengan media berbagi di Romadhon ini, kita dapat memetik hikmah dari para penyaji.

 

KEGIATAN

Hari senin tgl 4 April 2022, adalah sholat zuhur pertama di musholla Attarbiyah BDA KKP yang dilanjutkan dengan berbagi, penyaji pertama adalah Bapak R. Hernan Mahardhika (kepala BDA KKP), dalam ceramahnya beliau mengajak untuk memperbanyak membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Secara spiritual sholawat begitu melekat dalam kehidupan beliau. Sebagai seorang pemimpin di institusi Balai Diklat Aparatur KKP ini, beliau memiliki tuntutan dan tanggung jawab yang sangat besar, dimana keberhasilan dalam mengukir Sumber Daya Manusia KKP yang berkualitas berada pada pundak beliau.

Tantangan dan ujian dalam menakhodai BDA KKP ini tentunya juga tidak ringan, kita ingat pada tahun 2019 dimana bangsa Indonesia sedang mengalami musibah virus covid 19. Seluruh sendi kehidupan membeku, namun Alhamdulillah dengan ide cemerlangnya beliau menggagas sistem pembelajaran menggunakan metode on line, yang dikenal dengan nama Emilea (elektronik milenial learning)

Tidak perlu diragukan lagi, emilea yang peluncurannya diresmikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, mampu bersinar di masa pandemi covid 19, dan terus menerus mengibarkan benderanya semakin tinggi, dan akhirnya sampai saat ini semakin diminati oleh berbagai pihak di Kementerian Kelautan dan Perikanan dan mampu menembus jumlah peserta hingga ribuan orang, dari sabang sampai meraoke, suatu prestasi yang sangat ironis untuk mampu ditembus pada masa kepemimpinan sebelumnya.

Ini merupakan salah satu buah dari sholawat yang sering beliau biasakan dalam beraktivitas.

Oleh karenanya pantas saja dalam kesempatan berbagi kepada jamaah zuhur di musholla Attarbiyah BDA KKP, beliau mengajak kepada seluruh jamaah untuk membaca Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW

    

Hari Selasa tanggal 5 Maret 2022, kajian disampaikan oleh bapak Sudharmono (Kasubbag Umum BDA) beliau berpesan, di bulan suci romadhon untuk senantiasa memperbanyak Istighfar, berdoa, dan membaca Al-Qur’an.

    

Hari rabu, 6 Maret 2022, kajian disampaikan oleh bapak Suhana.

Di hari ke empat Ramadhan ini jemaah masih terlihat sangat antusias, ditandai dengan banyaknya kaum muslimin pegawai BDA yang sholat Zuhur berjamaah dilanjutkan dengan mengikuti kajian.

Dalam paparannya bapak Suhana mengajak kepada kita semua untuk senantiasa membiasakan diri membaca Alquran. Ada empat waktu yang sangat dianjurkan untuk membaca Alquran, yaitu saat sholat 5 waktu; saat 2/3 malam yang terakhir; bada maghrib, dan bada subuh.

      

 

Hari Kamis, tanggal 7 April 2022 penyaji pada acara berbagi adalah bapak Asep Djaenudin (koordinator Widyaiswaara BDA). Dalam penyajiannya beliau menyampaikan judul adalah “Romadhon bulan yang memiliki banyak fadhilah”. Beberapa fadhilah beliau sampaikan dalam kesempatan tersebut, diantaranya;

  1. Romadhon bulan yang penuh keberkahan
  2. Romadhon bulan diturunkannya Al-Qur’an
  3. Romadhon bulan ampunan, rahmah dan terbebas dari siksa api neraka

 

         

 

Hari Senin tgl 11 April 2022, penyaji pada acara berbagi adalah bapak Jajang Sumarna.  Petikan hikmah yang beliau sampaikan adalah ;

Tentang persiapan menghadapi kematian, dalam paparannya beberapa persiapan dalam menghadapi kematian adalah;

  • Perbanyak istghfar;
  • Jika kita ada dosa besar yang kita lakukan, maka perbanyaklah bertaubat kepada Alloh SWT;
  • Sholat 5 waktu dan berjamaah;
  • Biasakan berwudhu sebelum tidur;
  • Perbanyak berdzikir;
  • Perbanyak bersholawat dan senantiasa perbanyak berbuat kebajikan.

 

    

 

Hari Selasa tgl 12 April 2022, penyaji pada acara berbagi adalah bapak Fajar Nugroho.  Petikan hikmah yang beliau sampaikan adalah ;

Tentang terjemahan dari surat Alfurqon ayat 27-29, tentang bagaimana memilih teman setia. Dalam kesempatan itu penyaji mengawali berbagi dengan kisah uqbah bin abi mu’ith, dimana dia lebih memilih teman jahiliyahnya dibandingkan dengan Rosululloh SAW.

Sungguh kisah ini merupakan pelajaran yang sangat berharga, dimana saat masih bersama Rosululloh SAW saja orang dapat terkecoh ketika salah memilih teman; padahal saat itu ia langsung dapat melihat sosok nabi, keagungan budipekerti beliau, integritas beliau, dan segudang kehebatan beliau, semuanya langsung dapat dibuktikan kebenarannya, namun ketika seorang salah memilih teman, maka bukan jalan yang benar yang akan ditemuinya, namun justru ia akan tersesat.

 

      

Hari Rabu, tgl 13 April 2022, penyaji pada acara berbagi adalah bapak Aris Hidayat.  Petikan hikmah yang beliau sampaikan adalah ;

Ciri – ciri manusia yang cerdas adalah, yang selalu ingat akan kematiannya dan mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Ada pesan yang beliau sampaikan terkait dengan kematian adalah, dengan datangnya kematian, maka putuslah segala amal kebajikan, kecuali tiga perkara, yaitu ;

Shodaqoh jariyah

Ilmu yang bermanfaat, dan

Anak yang sholeh

 

Admin Balai Diklat Aparatur   18 Mei 2022   Dilihat : 119



Artikel Terkait: