Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN
REPUBLIK INDONESIA

Kilas Berita  
Maritim Indonesia, Kemewahan Yang Luar Biasa

Sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki 17.499 pulau dari Sabang hingga Merauke. Luas total wilayah Indonesia adalah 7,81 juta km2 yang terdiri dari 2,01 juta km2 daratan, 3,25 juta km2 lautan, dan 2,55 juta km2 Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Merupakan suatu Negara dengan luas perairan lebih besar dari pada luas daratan, maka dari itu Indonesia disebut sebagai Negara Maritim.

Keindahan bahari dan hasil laut yang dimiliki Indonesia tentu memiliki kualitas terbaik. Mulai pulau yang cantik akan isi lautnya seperti terumbu karang dan tumbuhan laut. Luas terumbu karang di Indonesia mencapai 50.875 kilometer persegi yang menyumbang 18% luas total terumbu karang dunia dan 65% luas total di coral triangle. Sebagian besar terumbu karang ini berlokasi di bagian timur Indonesia.

Luas wilayah kelautan di Negara Indonesia melebihi dari daratan, itu yang membuktikan bahwa Indonesia memiliki kemewahan yang luar biasa dalam sektor kelautan. Kekayaan laut yang dimiliki seperti ikan, udang, dan berbagai jenis hewan laut lainnya membuat perhatian masyarakat luar negeri menjadi meyukai hasil laut Indonesia. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersediri bagi Negara asing atau orang yang tidak bertanggungjawab yang memungkinkan melakukan tindak kejahatan teradap Indonesia. Memanfaatkan kekayaan bahari Indonesia dengan menangkap ikan secara ilegal (ilegal fishing).

Agar terwujudnya Negara sebagai poros maritim dunia, memungkinkan Indonesia untuk bekerja ekstra keras dalam bentuk pengamanan dan melindungi sumber daya di laut. Dengan kekayaan yang dimiliki serta perlindungan dan kedaulatan bangsa di laut, langkah Indonesia menjadi poros maritim dunia sudah di dapat terlihat.

Penjagaan kedaulatan laut dan penegakkan akan pencurian ikan ( illegal fishing ) tentu merupakan tugas berat yang ditanggung oleh Mentri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pujiastuti. Usaha dan kinerja yang dihasilkan terbukti pada penghargaan Peter Benchley Ocean Awards kategori kepemimpinan yang diberikan kepada Mentri Susi Pujiastuti Smithsonian, Washington DC, Amerika Serikat 11 Mei 2017 lalu. Penghargaan ini merupakan penghargaan bidang maritim tertinggi dunia. Susi mendapatkannya atas visi dan kebijakan pembangunan ekonomi dan konservasi laut di Indonesia. Dalam penghargaan itu membuktikan bahwa kepemimpinan Mentri Susi Pujiastuti telah memberikan konstribusi yang sangat besar terhadap sektor Kelautan dan Perikanan Indonesia.

Koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah perlu dilakukan agar arah kebijakan dan program kemaritiman menjadi jelas dan terukur sehingga ada percepatan realisasi misi Indonesia untuk menjadi poros maritim dunia.

 

Penulis: Elviana Roza

   

admin KKP   01 September 2017   Dilihat : 17851



Artikel Terkait:
Website Security Test