Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN
REPUBLIK INDONESIA
Kilas Berita  
PASTIKAN BENIH IKAN BERMUTU BEREDAR DI MASYARAKAT, KKP GELONTORKAN BANTUAN CALON INDUK IKAN UNGGUL

SIARAN PERS

 

 

SITUBONDO (17/6) – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali menggelontorkan bantuan langsung kepada pembudidaya untuk menjaga roda ekonomi masyarakat. Melalui Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo, selama bulan Juni 2020, KKP serahkan 4.650 ekor calon induk udang vanamei kepada pembudidaya di Kabupaten Situbondo serta 3 ton pakan ikan mandiri kepada pembudidaya di Kabupaten Tuban.

 

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto menyatakan bahwa penyaluran bantuan calon induk ikan unggul kepada masyarakat merupakan langkah pemerintah untuk memastikan benih yang dihasilkan di unit pembenihan milik rakyat (UPR/HSRT) memiliki standar mutu yang tinggi.

 

“Kualitas dan kuantitas induk bermutu di masyarakat merupakan elemen penting sebagai pendukung peningkatan produksi perikanan budidaya, dalam hal ini khususnya produksi udang nasional. Berbagai stimulus ekonomi untuk menopang bisnis perudangan termasuk intervensi langsung dengan sasaran utama pembudidaya udang skala kecil” imbuh Slamet.

 

Untuk tahun 2020, secara umum KKP mencanangkan target bantuan calon induk ikan sebanyak 172 ribu ekor yang diproyeksikan dapat menghasilkan benih sebanyak 553 juta ekor serta dapat berkontribusi terhadap peningkatan produksi perikanan sebanyak 25 ribu ton.

 

Sementara itu Kepala BPBAP Situbondo Nono Hartanto menyatakan bahwa bantuan calon induk ikan memiliki beberapa kriteria khusus yang harus dipenuhi seperti UPR/HSRT yang memiliki sertifikat Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB) dan memiliki sarana biosecurity dan memiliki struktur organisasi.

 

Terkait bantuan pakan, BPBAP Situbondo juga turut menjaga motivasi pembudidaya untuk tetap bersemangat melakukan proses produksi untuk menjaga ketahanan pangan berprotein tinggi seperti ikan dan udang.

 

“Telah menjadi komitmen pemerintah untuk memastikan proses produksi budidaya dan dukungan kepada masyarakat dapat terus berjalan. Dengan pelayanan yang kami berikan, masyarakat pembudidaya diharapkan dapat tetap sejahtera sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang terus membaik,” tutup Nono.

 

Sebagai tambahan informasi, hingga awal bulan Juni 2020 BPBAP Situbondo telah menggulirkan bantuan pakan ikan mandiri kepada pembudidaya sebanyak 18 ton. Untuk bantuan calon induk ikan telah diserahkan kepada masyarakat pembudidaya sebanyak 44.325 ekor.

 

 

HUMAS DITJEN PERIKANAN BUDIDAYA

Admin KKP   17 Juni 2020   Dilihat : 250



Artikel Terkait: