Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

SKPT Talaud
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Nelayan Hebat dari Koperasi Teluk Lawasan Indah

Kontributor: Evan S. Sarempaa

Jus Daruit, sosok nelayan dari Desa Dalum Kecamatan Salibabu Kepulauan Talaud ini sejak umur 15 tahun sudah mahir menjadi seorang pemanah ikan demersal. Saat itu Jus telah mempunyai sebuah perahu dayung untuk menangkap ikan demersal. Tahun berganti Jus juga membuat sebuah perahu pambut yang menggunakan mesin dalam yang dimanfaatkan untuk mencari ikan yang lebih besar lagi seperti ikan cakalang, tuna dan marlin. Menjelajah lautan Jus menangkap ikan tidak hanya di daerah perairan Talaud mulai dari bagian Timur, Selatan, Barat dan Utara dan hingga ke perairan laut daerah Sangihe dan Maluku Utara.

Sosok Jus Daruit

Selama 16 tahun sampai dengan saat ini Jus juga telah memiliki 5 unit perahu pajeko, dan pajeko yang terakhir dinamakan Malalugis 05. Pajeko Malalugis 05 memiliki anak buah kapal yang biasa disebut masanae berjumlah total 20-30 orang. Selain itu Malalugis 05 juga dilengkapi dengan alat tangkap ikan yang di pakai berupa pukat cincin/jaring. Berlayar dengan jarak tangkapan sejauh 10-15 mil, Malalugis 05 mampu menangkap ikan layang, tongkol, cakalang, baby tuna dan ikan Tuna sebanyak 15 ton. Ikan-ikan ini biasanya dijual kepada pedagang pengumpul dan petibo dengan harga yang paling tinggi sekitar Rp. 16.000,- per kg dan harga yang paling rendah Rp. 5.000,- per kg.

Hasil tangkapan ikan Layang Pajeko Malalugis

Terkadang memang hasil tangkapan sedikit hanya mampu menjaring sekitar 250 kg, hal ini biasanya disebabkan oleh banyak faktor seperti gelombang, arus laut, ikan kurang di lahan penangkapan, dan angin kencang. Kendala lainnya adalah kurangnya es untuk menjaga mutu kualitas ikan hasil tangkapan karena selama ini hanya mengandalkan es produksi rumahan dan dari Manado.  

Tak hanya menjadi nelayan dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitarnya, Jus juga mendirikan Koperasi Teluk Lawasan Indah dan menjabat sebagai Ketua. Koperasi Teluk Lawasan Indah sendiri merupakan salah satu koperasi binaan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Talaud. Sebagai Ketua Koperasi, Jus bertekad untuk memajukan kehidupan nelayan melalui koperasi. Jus memiliki cita-cita untuk dapat mengembangkan dan memajukan Koperasi Teluk Lawasan Indah. Nelayan hebat yang memiliki semangat juang dan jiwa nelayan yang tertanam kuat dalam dirinya ini siap menyongsong kehidupan dan masa depan yang lebih baik. Jayalah Nelayan Talaud.

Admin Talaud   13 Juli 2021   Dilihat : 417



Artikel Terkait: