Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

SKPT Talaud
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Semangat Koperasi Embun Kasih Dalam Mengikuti Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Rapat Anggota Tahunan

Kontributor : Helda Rapar & Prita Dwi Wahyuni

Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kepulauan Talaud telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Rapat Anggota Tahunan di Koperasi Embun Kasih pada tanggal 19 Mei 2021. Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka penguatan kapasitas pengurus koperasi Embun Kasih untuk meningkatkan pengetahuan penyusunan laporan keuangan laporan Rapat Anggota Tahunan. Hal ini bertujuan agar pengurus koperasi memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam menyusun laporan keuangan Rapat Anggota Tahunan. Koperasi Embun Kasih sendiri merupakan salah satu koperasi binaan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Kabupaten Kepulauan Talaud.

Kegiatan Pelatihan tersebut bertempat di sekretariat Koperasi Embun Kasih yang diikuti oleh 3 (tiga) orang pengurus yaitu ketua koperasi, sekretaris dan bendahara. Hadir sebagai narasumber Ibu Rosita Udang selaku Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Dinas Koperasi dan UKM, serta Bapak Alfred Wasida dan Ibu Martiriony N. Tampuangan dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kepulauan Talaud. Selain itu juga Helda Rapar selaku Field Manager SKPT Talaud juga turut hadir untuk melakukan pendampingan dan pembinaan kepada Koperasi Embun Kasih.

Kegiatan Pelatihan diawali dengan penyampaian materi terkait proses akuntansi yang menggunakan sistem kode, nomor perkiraan agar proses pencatatan menjadi lebih mudah dan jelas. Penggolongan perkiraan dengan nomor perkiraan (rekening) dapat menyederhanakan pekerjaan pencatatan dan mempermudah penganalisaan transaksi-transaksi yang terjadi pada Koperasi Embun Kasih. Selain itu juga dalam penyusunan Neraca akan menjadi lebih mudah untuk urutan tingkat likuiditas dari Aset (Aktiva), Kewajiban dan Modal (Ekuitas).

Selama ini proses pencatatan keuangan pada koperasi Embun Kasih yang biasa dlakukan oleh bendahara adalah pencatatan tunggal (single entry), tetapi melalui pelatihan ini peserta dilatih untuk melakukan pencatatan ganda (double entry). Materi-materi yang diberikan oleh narasumber kepada peserta diantaranya ; aturan debet-kredit, nomor perkiraan (rekening) dan selesai materi diberikan latihan soal Akuntansi bagi peserta pelatihan dan peserta diminta untuk membuat laporan dengan melampirkan data-data : a). bukti-bukti Akuntansi, b). buku harian Jurnal, c). Buku bersar, d) neraca lajur dan e).laporan keuangan.

Peserta melakukan praktek pembuatan laporan keuangan

Awal penyampaian materi oleh narasumber tidaklah mudah untuk dicerna oleh peserta pelatihan karena keterbatasan SDM dan materi merupakan sesuatu hal yang baru bagi pengurus koperasi. Dengan semangat ingin belajar dan dapat memajukan koperasinya, perlahan-lahan pengurus koperasi dapat memahami setiap materi yang disampaikan oleh narasumber dan dibarengi dengan praktek soal Akuntansi sehinga materi yang diterima dapat diimplementasikan.

Kendala yang dihadapi pengurus koperasi yaitu SDM yang masih kurang karena keterbatasan pendidikan, sehingga kedepan dalam perekrutan kepengurusan Koperasi hendaklah melibatkan individu yang memiliki kualifikasi SDM yang sesuai dengan struktur dalam koperasi agar proses pencatatan administrasi koperasi dapat berjalan dengan baik dan koperasi dapat berkembang dan maju. Jayalah koperasi binaan SKPT Talaud, raihlah kemandirian.

Admin Talaud   21 Mei 2021   Dilihat : 284



Artikel Terkait: