Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

SKPT Talaud
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Pesona Wisata Bahari Terumbu Karang Pulau Napombar’u, Kabaruan di Bumi Porodisa

Kontributor: Helda Rapar

Talaud tidak hanya menjadi lokasi Sentra Kelautan dan Perikanan (SKPT) tapi juga menyimpan banyak potensi wisata bahari didalamnya. Kabupaten yang terletak di paling ujung utara Indonesia ini masih banyak orang yang bahkan tidak mengetahui Talaud berada dimana? Orang-orang lokal menyebut Kabupaten Kepulauan Talaud sebagai “Bumi Porodisa” yang kepulauannya terhampar pantai berpasir putih, lautnya biru dengan keindahan terumbu karang dan tentunya melimpah ikannya. Indahnya kepulauan yang bagaikan surga itulah yang menjadikan Kabupaten Kepulauan Talaud disebut dengan "Bumi Porodisa".

Kabupaten Kepulauan Talaud

Pulau Kabaruan adalah salah satu dari tiga pulau besar yang berada di Kabupaten Kepulauan Talaud yaitu Pulau Karakelang, Pulau Salibabu dan Pulau Kabaruan. Pulau Kabaruan termasuk dalam pulau-pulau kecil terluar (PPKT) dan telah ditetapkan melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2017 tentang Penetapan Pulau-Pulau Kecil Terluar.

Di Pulau Kabaruan terdapat gugusan pulau karang yang tak berpenghuni yang dinamakan “Pulau Napombar’u” dengan hamparan pasir putih sehalus tepung serta pemandangan bawah laut dengan suasana vulkanik yang menakjubkan sehingga membuat daya tarik tersendiri bagi orang yang datang berkunjung ke pulau ini.

 

Pulau Napombar’u

(Sumber: Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Talaud)

Pulau Napombar'u merupakan gugusan karang yang berasal dari gunung api bawah laut yang muncul dipermukaan laut. Pulau yang berada di Desa Damau, Kecamatan Damau, Kepulauan Kabaruan ini dapat ditempuh melalui perjalanan udara dari Bandar Udara Melonguane menuju pelabuhan speed Melonguane (sekitar 10 menit dari Bandar Udara) menggunakan becak motor. Dari pelabuhan Melonguane melanjutkan perjalanann laut menuju Pulau Napombar’u dengan menggunakan speedboat selama 2 Jam 30 menit.

 

Keindahan Terumbu Karang di Pulau Napombar’u

(Sumber: Dinas Pariwisata Kabupaten Talaud) 

Keindahan Pulau Napombar’u dapat membuat orang terkagum-kagum dengan daya tarik wisata pantainya, snorkeling, diving yang begitu menggoda dengan suguhan pesona terumbu karang yang eksotis dengan habitat ikan yang beraneka ragam dan beraneka warna sebagai tempat hidup berbagai populasi bawah laut sehingga mampu menghipnotis setiap orang yang datang di pulau ini. Bagi pengunjung yang memiliki hobi snorkeling dan diving jangan melewatkan kesempatan untuk datang ke Pulau Napombar’u melihat secara langsung keindahan alam bawah laut yang begitu indah dengan hamparan terumbu karang beraneka jenis ikan dan biota lainnya sungguh menarik mata memandang dan serasa berada di surga bibir pasifik.

 

Terumbu Karang Tempat Hidup Biota Karang

(Sumber: Dinas Pariwisata Kabupaten Talaud)

Keindahan Pulau Napombar’u dengan hamparan terumbu karang yang beraneka warna ini belum banyak dikenal orang banyak, sehingga berpotensi untuk dikembangkan sebagai wisata bahari oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud. Promosi pariwisata perlu digiatkan agar Pulau Napombar’u lebih dikenal luas oleh banyak orag dan dapat mendatangkan turis asing serta domestik sehingga dapat menambah pendapatan/PAD bagi bumi porodisa. Jadi tak lengkap rasanya jika anda berkunjung ke Talaud tanpa mengunjungi keindahan terumbu karang di Pulau Napombar’u.  

 
 

Sumber: Dinas Pariwisata Kabupaten Talaud

 

Admin Talaud   22 Februari 2021   Dilihat : 1778



Artikel Terkait: