Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

SKPT Talaud
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Pemanfaatan Integrated Cold Storage (ICS) 200 Ton SKPT Talaud

Kontributor : Helda Rapar & Prita Dwi Wahyuni

Potensi perikanan tangkap di Kabupaten Kepulauan Talaud mecapai 135.955 ton per tahunnya. Dari potensi tersebut yang terbesar berdasarkan jenis ikan yaitu Tuna, Tongkol, Cakalang, dan Layang. Berdasarkan laporan hasil statistik perikanan tangkap yang dikeluarkan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Talaud, tingkat pemanfaatan potensi perikanan tangkap pada tahun 2018 baru sebesar 9,85% sehingga memiliki cadangan potensi yang belum termanfaatkan yaitu sebesar 90,15%. Sedangkan untuk tahun 2019 tingkat pemanfaatan potensi perikanan tangkap yaitu sebesar 9,97% dan memiliki cadangan potensi yang belum termanfaatkan sebesar 90,03%.

Aktivitas Nelayan Menangkap Ikan

Besarnya potensi kelautan dan perikanan yang dimiliki oleh Kabupaten Kepulauan Talaud maka perlu dilakukan upaya untuk mendorong pengembangan perekonomian guna menunjang tercapainya tujuan strategis nasional. Dimana salah satu strategi dalam pengembangan perekonoman tersebut adalah melalui implementasi pembangunan dan pengmbangan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Kabupaten Kepulauan Talaud. Dan untuk mendukung implementasi pembangunan SKPT Talaud perlu didukung upaya percepatan industri perikanan di Kabupaten Kepulauan Talaud. Hal ini didukung pula peran Integrated Cold Storage yang ada di Kawasan SKPT Talaud dalam mendukung industri perikanan di Talaud.

ICS berkapasitas 200 ton ini merupakan tempat dan fasilitas untuk melakukan aktivitas pengolahan ikan yang dilengkapi dengan sarana pembekuan dan Gudang beku. Gudang beku sendiri merupakan suatu ruangan yang dilengkapi dengan anteroom dan berfungsi untuk menyimpan atau mengawetkan ikan beku pada suhu ruangan -25oC atau lebih rendah. Keberadaan ICS ini sangat membantu mempertahankan kualitas ikan hasil tangkapan nelayan sebelum dipasarkan keluar Talaud.

ICS SKPT Talaud

Kehadiran PT. Perinus dalam kurun waktu tiga tahun terakhir yaitu tahun 2018 s/d Oktober 2020, sebagai off taker ICS di lokasi SKPT Talaud Desa Dalum Kecamatan Salibabu ini telah dirasakan manfaatnya oleh nelayan di Kabupaten Kepulauan Talaud, khususnya nelayan yang berada di Kecamatan Salibabu yang memiliki nelayan terbanyak sejumlah 826 orang. Nelayan sangat terbantu dengan adanya Perinus yang selama ini telah membeli ikan hasil tangkapan mereka dan menyediakan es untuk melaut.

Pembelian Ikan oleh Perinus

Perinus sebagai BUMN hadir untuk membantu nelayan di Kabupaten Kepulauan Talaud dengan membeli hasil tangkapan dari nelayan. Serapan produksi ikan Perinus sejak mengelola ICS 200 ton pada tahun 2018 mencapai 7,597 kg, pada tahun 2019 berjumlah 185.865 kg dan pada tahun 2020 berjumlah 130.158 kg. Jumah total produksi ikan yang dapat diserap sejak bulan Agustus 2018 sampai bulan Oktober 2020 berjumlah 323.620 kg. Walaupun hasil produksi ikan belum maksimal tetapi secara langsung Perinus sudah membantu nelayan di Kabupaten Kepulauan Taluad. Tidak hanya membeli ikan secara langsung dari nelayan, tapi dalam pemanfaatan ICS Perinus juga mengolah ikan dan memasarkan ikan keluar Talaud salah satunya dijual ke Surabaya.

Aktivitas Pengolahan Ikan di ICS SKPT Talaud oleh Perinus

Selama ini, terdapat tujuh unit kapal perikanan atau kapal Pajeko dan nelayan pambut yang memasok ikan pada Perinus, yaitu kapal pajeko Malalugis, kapal pajeko Berkat Usaha, Kapal Pajeko Amalisa, Kapal Pajeko Arodaa, kapal pajeko Bawuwala Jaya, kapal pajeko Gabriel dan kapal pajeko Kendati, yang kesemua kapal pajeko tersebut berada di Pulau Salibabu, Kecamatan Salibabu.

Geliat Perinus dalam mendukung produksi perikanan di SKPT Talaud sudah terlihat sejak adanya pengiriman perdana Ikan melalui Reefer Container pada tanggal 30 April 2019. Saat itu julah ikan yang dikirim dari SKPT Talaud sejumlah 13.028 kg. Harapan kedepan industri perikanan dikabupaten kepulauan Talaud lebih maju dan berkembang agar nelayan sejahtera dan tingkat perekonomian meningkat.

Admin Talaud   21 Februari 2021   Dilihat : 1748



Artikel Terkait: