Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

SKPT Talaud
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Koperasi Pelangi Kasih Peduli Covid-19: Bagi-Bagi Ikan

Koperasi Pelangi Kasih Peduli Covid-19: Bagi-Bagi Ikan

Kontributor:

Prita Dwi Wahyuni

 

 

Meskipun belum ditemukan pasien positif Covid-19 hingga berita ini diturunkan, tapi keberadaan Corona Virus Desease (Covid-19) ini ternyata juga memiliki dampak terhadap masyarakat pesisir Talaud. Harga ikan mengalami penurunan karena permintaan terhadap ikan maupun frekuensi penjualan ikan baik ke Manado maupun Bitung juga mengalami penurunan. Biasanya sebelum adanya pandemi ini, harga ikan tuna di Talaud bisa mencapai 25.000-30.000 rupiah per kg nya, tapi sekarang hanya berkisar 10.000-15.000 rupiah per kg nya di tingkat pedagang pengumpul maupun petibo-tibo.

Selain itu juga kapal penumpang dari Melonguane ke Manado yang biasanya mencapai tiga kali trip dalam seminggu, saat ini hanya dua kali trip dalam seminggu. Berkurangnya jumlah trip kapal ini dimaksudkan untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Hal ini tentunya berdampak pula pada aktivitas dan perkonomian masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Karena dengan berkurangnya jumlah trip kapal penumpang yang juga mengangkut ikan hasil tangkapan nelayan untuk dijual ke Manado, maka semakin berkurang pula jumlah ikan yang terjual ke Manado.

Melihat fenomena tersebut, pada tanggal 9 April 2020 Koperasi Pelangi Kasih yang merupakan salah satu koperasi binaan Sentra Kelautan dan Perikanan Talaud (SKPT) Kabupaten Kepulauan Talaud yang berlokasi di Desa Kiama Kecamatan Melonguane telah melakukan gerakan peduli Covid-19 dengan cara membagi-bagikan ikan hasil tangkapannya secara gratis kepada masyarakat dan nelayan. Selaku pemilik kapal pajeko, Ketua Koperasi Pelangi Kasih sekaligus koordinator gugus relawan Covid-19 di Desa Kiama membagikan 3000 kg ikan layang hasil tangkapannya. Ikan-ikan ini dibagikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 terutama kepada masyarakat yang kehilangan penghasilan hariannya.

Semoga langkah Koperasi Pelangi Kasih di Talaud ini dapat menjadi contoh yang baik dalam menumbuhkan empati dan simpati kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 dan dapat diikuti pula oleh yang lainnya.

 

Masyarakat yang mengantri pembagian ikan gratis dari Koperasi Pelangi Kasih

 

Admin Talaud   21 April 2020   Dilihat : 1941



Artikel Terkait: