Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

SKPT Talaud
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
EMAS BIRU NUSA UTARA

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat hidayah dan karunia-Nya, buku Emas Biru Nusa Utara-Refleksi dari Proyek Strategis Nasional Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Kabupaten Kepulauan Talaud telah dapat diselesaikan.

 

Kabupaten Kepulauan Talaud merupakan salah satu kabupaten yang memiliki pulau-pulau kecil terluar, di mana pembangunan pulau-pulau terluar telah menjadi isu strategis level nasional. Pulau-pulau terluar Indonesia memiliki potensi sumberdaya perikanan yang tinggi khususnya komoditas perikanan TTC (Tuna, Tongkol dan Cakalang) yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Hal ini menjadikan Kepulauan Talaud menjadi salah satu wilayah dengan kepentingan strategis nasional yang mendukung peningkatan industri perikanan, ketahanan nasional, citra negara dan lebih daripada itu merupakan representasi kedaulatan negara Republik Indonesia.

 

Pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Pulau-Pulau Kecil dan Kawasan Perbatasan merupakan program prioritas KKP tahun 2015-2019 yang bertujuan untuk mengintegrasikan proses bisnis hulu-hilir kelautan dan perikanan berbasis masyarakat melalui optimalisasi pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan di pulau-pulau kecil dan/atau kawasan perbatasan secara berkelanjutan. Lebih lanjut, SKPT di Kabupaten Kepulauan Talaud merupakan salah satu program prioritas KKP yang menjadi Proyek Strategis Nasional. Pembangunan SKPT di Kabupaten Kepulauan Talaud juga sebagai salah satu implementasi Nawacita poin ketiga dari misi dan visi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dan Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla yang tertuang dalam RPJMN 2015-2019 yaitu “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam Kerangka Negara Kesatuan”.

 

Buku ini disusun sebagai refleksi program SKPT di Kabupaten Kepulauan Talaud yang telah dilakukan oleh Direktorat Jasa Kelautan, Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. SKPT Kabupaten Kepulauan Talaud yang berlokasi di Pulau Salibabu ini diharapkan mampu menjadi titik pangkal pergerakan ekonomi masyarakat di Kabupaten Kepulauan Talaud yang tersebar di beberapa daerah penyangga di beberapa pulau. Tentunya apa yang telah dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan masih membutuhkan sinergi dan harmonisasi yang lebih besar dengan Kementerian Koordinator, Kementerian/ Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN dan stakeholder terkait lainnya agar salah satu

download buku:

EMAS BIRU NUSA UTARA

Admin Talaud   27 Maret 2020   Dilihat : 1799



Artikel Terkait: