Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

SKPT Talaud
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Pelatihan Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, 11-12 Juli 2019

 

PELATIHAN PENGOLAHAN DAN PEMASARAN HASIL PERIKANAN, 11-12 Juli 2019

 

Pada hari Kamis dan Jumat 11 dan 12 Juli 2019, Direktorat Jasa Kelautan melaksanakan pelatihan pengolahan dan pemasaran hasil perikanan yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna PPI Salibabu, pada kawasan SKPT Talaud, Kabupaten Kepulauan Talaud. Pelatihan ini bertujuan untuk pemberian pengetahuan dan keterampilan kepada anggota koperasi/ BUM Desa agar mampu meningkatkan kualitas pangan keluarga, juga mampu menyediakan menu makanan yang sehat serta bisa meningkatkan usaha ekonomi keluarga. Pelatihan ini merupakan salah satu program bisnis plan SKPT Talaud dalam rangka memberdayakan masyarakat melalui pengelolaan teknologi tepat guna. Manfaat dari program ini selain bisa meningkatkan ketrampilan anggota koperasi dan BUM Desa juga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya keluarga. Diharapkan dengan dilaksanakannya pelatihan ini peserta dapat meneruskan pengetahuan dan ketrampilan yang diperolehnya kepada masyarakat di lingkungan sekitar.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Talaud dan Kepala Seksi Instalasi Laut KKP. Kegiatan pelatihan ini materi diampu oleh narasumber, pelatih dan widya iswara yang berasal dari Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Bitung yang menyampaikan materi terkait pemasaran dan pengolahan hasil perikanan serta praktek pengolahan. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh perwakilan 12 koperasi dan BUM Desa perikanan yang berjumlah 30 orang dan dibagi dalam beberapa kelompok, kegiatan utama dalam pelatihan ini yaitu pelatihan membuat inovasi olahan ikan seperti pempek, nugget, bakso ikan, dan lain sebagainya.

Materi pelatihan diawali dengan pemaparan strategi pemasaran produk perikanan. Narasumber menyampaikan konsep pemasaran yang mendasari suatu organisasi profit oriented perlu dilakukan antara lain pemasaran berwawasan produksi berwawasan produk, berwawasan menjual, berwawasan pemasaran dan berwawasan bermasyarakat. Dalam memasarkan suatu produk perikanan berprinsip pada pencapaian tujuan suatu organisasi yang dilihat dari seberapa mampu perusahaan/marketer memahami kebutuhan dan keinginan pelanggannya dan memenuhinya dengan cara yang lebih efisien dan efektif dibanding pesaing.

Selanjutnya peserta diajak untuk praktek pengolahan 3 (tiga) produk hasil perikanan yaitu fish roll, kaki naga dan snack ikan. Olahan ragam menu ikan perlu dilakukan dalam rangka memasyarakatkan makan ikan, menghindari kebosanan mengkonsumsi ikan, serta yang paling penting adalah sebagai kebutuhan nutrisi dalam tubuh manusia.

Sebagai penutup dalam kesempatan ini pula turut dibagikan seminar kit dan souvenir tas SKPT Talaud kepada peserta yang hadir.

Admin Talaud   16 Juli 2019   Dilihat : 6159



Artikel Terkait: