Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

SKPT Natuna
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Rapat Koordinasi Evaluasi Operasionalisasi Kapal Bantuan KKP di SKPT Natuna

Sejak tahun 2010, KKP cq. DJPT melaksanakan program pemberian bantuan sarana penangkapan ikan yang diserahkan kepada pelaku usaha penangkapan ikan di untuk kelompok nelayan KUB/Koperasi di Kabupaten Natuna.

  1. Kapal bantuan INKAMINA (2010-2014)
  2. Kapal bantuan Mina Maritim (2015)
  3. Kapal bantuan KM. Nelayan (2016)
  4. Kapal bantuan SKPT Natuna (2017)

Rapat koordinasi monitoring dan evaluasi kapal bantuan KKP di lokasi SKPT telah dilaksanakan pada 8 Agustus 2019 di Dinas Perikanan Kabupaten Natuna. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memetakan saat ini operasionalisasi dari kapal bantuan KKP, menginventarisasi kendala yang menghambat pemanfaatan bantuan, memfasilitasi penyelesaian dokumen kapal dan perizinannya, melakukan evaluasi pemanfaatan serta mengidentifikasi solusi guna memecahkan permasalahan yang menghambat operasional kapal perikanan bantuan.

Kegiatan monitoring dan evaluasi kapal bantuan KKP di SKPT Natuna dengan peserta yang terdiri dari Dit. Perizinan dan Kenelayanan, Dinas Perikanan Kabupaten Natuna, KUB/Koperasi penerima bantuan kapal KKP.

Kapal perikanan bantuan yang diserahkan di SKPT Natuna sebanyak 81 unit yang diantaranya:

  1. 6 Unit KM Inka Mina ( Ukuran > 30 Gt sebanyak 6 unit)
  2. 5 Unit KM Mina Maritim (Ukuran > 30 Gt sebanyak 1 Unit dan <30 GT sebanyak 4 unit)
  3. 10 Unit KM. Nelayan (Ukuran >30 GT sebanyak 2 Unit dan <30 GT sebanyak 8 unit)
  4. 60 Unit KM. SKPT Natuna (Ukuran 20 GT sebanyak 5 unit, ukuran 10 GT sebanyak 5 unit dan ukuran 5 GT sebanyak 50 unit).

Dalam pertemuan Rapat Koordinasi tersebut juga diserahkan Dokumen Kapal SKPT Natuna, agar dalam pelaksanaan operasionalisasi penangkapan ikan dapat berjalan dengan baik.

Melalui kapal bantuan KKP di SKPT Natuna diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi nelayan khususnya di Kabupaten Natuna. 

 

Admin Natuna   08 Agustus 2019   Dilihat : 2828



Artikel Terkait: