Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

SKPT Morotai
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Pengiriman Tuna Loin Oleh Koperasi Nelayan Taruna Selatan Setelah 1 Tahun Vakum Akibat Pandemi Covid-19

Kegiatan operasional Koperasi Nelayan Taruna Selatan yang vakum lebih dari 1 tahun tidak beroperasi akibat pandemi Covid-19, kini kembali bergeliat dengan dibukanya kembali tempat makan kelolaannya yaitu Restoran Da Osaka Tuna sekaligus melakukan pengiriman pertama tuna loin ke Lotte Supermarket di Jakarta sejak terhenti dari bulan Maret 2020. 

 

Untuk pembukaan restoran Da Osaka Tuna dibuka berbarengan dengan kunjungan kerja lapang dari tim survei sosek BRSDMKP ke Kab. Pulau Morotai pada tanggal 6 April 2021 sedangkan Pengiriman tuna loin oleh koperasi dilaksanakan pada keesokan harinya di tanggal 7 April 2021. Adapun pada Jumat tanggal 9 April 2021, SKPT Morotai juga kedatangan kunjungan kerja dari Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kelautan dan Perikanan (Kapuslatluh KP) yaitu Ibu DR. Lilly Aprilya Pregiwati, S.Pi, M.Si dan mengunjungi restoran Da Osaka Tuna tersebut.

 

 

Restoran Da Osaka Tuna sebagai lini bisnis koperasi pada pengolahan bahan baku ikan tuna telah vakum beroperasi sejak bulan Maret 2020 berbarengan dengan kegiatan pemasaran ikan tuna yang terhenti. Meski pelan, namun pengurus koperasi masih bersemangat untuk bangkit dan terus maju menghidupkan koperasi ini. Sekarang, restoran tersebut telah dibuka dan menawarkan berbagai jenis olahan masakan serba ikan tuna seperti; Sashimi, Sate Tuna, Lumpia Tuna, Fuyunghai Tuna, Woku Tuna, Nasi Goreng Tuna, dan yang menjadi menu andalan baru nantinya adalah sajian kopi varian Vietnam Drip segera tersedia di restoran ini. Terkait keunggulan olahan Sashimi pada restoran ini, yaitu terdapat pada ikan tuna sirip kuningnya yang merupakan ikan segar utuh dan belum difillet sama sekali sehingga proses pemotongan ikan hanya akan dilakukan jika terdapat pemesanan Sashimi.

 

Koperasi nelayan Taruna Selatan mulai berekspansi bisnis pada penjualan loin tuna ke sebuah supermarket ternama di Jakarta, yaitu Lotte Supermarket pada tanggal 7 April 2021. Pengiriman ini adalah yang pertama kali sejak tidak beroperasinya kegiatan perkoperasian setahun yang lalu. Meskipun pengiriman masih skala kecil, yaitu hanya sebesar 57.54 kg berupa tuna loin dan 22.9 kg berupa tetelan tuna seperti rahang dan perut yang berasal dari bahan baku 3 ekor ikan tuna seberat masing-masing 33 kg, 44 kg, dan 35 kg, hal ini menjadi langkah awal yang patut diapresiasi semoga menjadi kemajuan di kemudian hari. [Tim SKPT Morotai***]

 

Admin Morotai   20 April 2021   Dilihat : 915



Artikel Terkait: