Indonesia   |   English  
Saran Dan Pengaduan

SKPT Mimika
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN
Kilas Berita  
Dorong Ekspor dan Cukai, Bea Cukai Launching Klinik PACE

 

fto launching pace

 

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP C) Amamapare, terus berusaha mendorong pengguna Jasa dalam hal ini eksportir untuk melakukan eksport langsung dari Kabupaten Mimika. Hal ini kembali dibuktikan melalui launching Klinik Ekspor (KE-PACE_ dan Klinik Cukai (KC-PACE), Selasa(15/10) di Kantor Bantu KPPBC TMP C Amamapare Jalan Iwaka Nomor 31 Kuala Kencana Timika.

Launching klinik ini dimaksudkan untuk memudahkan kegiatan konsultasi dan sistensi bagi pengguna jasa di bidang ekspor dan cukai, yang selama ini merasa sulit mendatangi kantor KPPBCTMPC Amamapare yang berada di area yang sulit dimasuki Cargo Dock Portsite.

Usaha Bea Cukai untuk mendorong dan meningkatkan ekspor juga sudah mendapat dukungan dari Dinas Pertanian, Dinas Perindustrian dan Perdangangan (Disperindag), Dinas Perikanan, Karantina Pertanian, Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu (BKIPM) dan Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) yang ditandai dengan penandatanganan MoU.

Bea Cukai terus berupaya meningkatkan ekspor non tambang mengingat Kabupaten Mimika, juga kaya sumber daya alamnya yang memiliki potensi yang luar biasa untuk diekspor baik dari pertanian, perkebunan dan juga perikanan langsung dari Mimika. Pasalnya, selama ini hasil alam Mimika diekspor melalui daerah lain, yang ada di Indonesia sehingga nama Mimika tidak diketahui.

Kepala KPPBC TMP C Amamapare, I Made Aryana mengatakan, bersama Bea Cukai ekspor langsung itu sangat mudah. Klinik PACE akan buka 7x24 jam, sehingga kapanpun pengguna jasa bisa datang sekalipun itu tengah malam.

Ia berharap eksportir bisa memperkenalkan nama Kabupaten Mimika di luar negeri, dengan cara melakukan ekspor langsung dari Mimika bukan melalui daerah lain, yang kemudian memperkenalkan nama daerah mereka melalui produk yang nyatanya berasal dari Kabupaten Mimika.

"Yang utama itu komunikasi. Jadi ketika ada yang ingin mendapatkan layanan atau sekedar bertanya, bisa langsung melalui WA grup yang sudah kita sediakan dan juga bisa menghubungi kami di nomor ini 082197808663. Produk kita harus menggunakan nama kita bukan daerah lain yang terkenal," kata Made Aryana.

Selain mendorong ekspor langsung dari Mimika, Bea Cukai melalui Klinik PACE ini juga mengajak semua pengguna jasa untuk taat hukum, khususnya bagi pengguna jasa yang menjual Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) yang meliputi pengusaha pabrik, importir, penyalur serta pengusaha tempat penjualan eceran untuk wajib memiliki Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC) karena legal itu mudah.

"Jadi teman-teman pengusaha MMEA ini selalu konsultasi dengan kita terkait NPPBKC, karena ini memang sangat penting untuk mereka miliki. Saat ini teman-teman ini sudah ada yang punya dan juga ada yang sementara dalam proses ini pengurusannya gratis." tutupnya.

 

Admin Mimika   15 Oktober 2019   Dilihat : 2863



Artikel Terkait: