PERPUSTAKAAN
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN

Kilas Berita  
Sejarah Perpustakaan Kementerian Kelautan dan Perikanan

Perpustakaan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) diresmikan pada tanggal 12 Juli 2006  oleh Bapak Freddy Numberi selaku Menteri Kelautan dan Perikanan saat itu di Lantai 17 Gedung Mina Bahari II (GMB II).

Bapak Fredi Numberi dan Istri, saat peresmian Perpustakaan KKP (12/7/2006)

Bapak Fredi Numberi dan Istri, saat peresmian Perpustakaan KKP (12/7/2006)

 

Kemudian pada tanggal 28 Juni 2010, Perpustakaan KKP menempati ruangan baru seluas 800 m2 di lantai 2 Gedung Mina Bahari III (GMB III) dan diresmikan oleh Bapak Sekjen Syamsul Ma’arif.  Pemindahan ruang tersebut dimaksudkan untuk memberikan layanan yang lebih prima kepada pemustakanya.

 

Bapak Fadel Muhamad, saat mengunjungi Perpustakaan KKP (2009)

 

Foto kondisi Perpustakaan KKP, Gedung Mina Bahari III lantai 2(2010)

 

Pada akhir tahun 2015 terdapat relokasi atau pemindahan ruang besar-besaran pada tiap unit kerja lingkup KKP terkait selesainya pembangunan gedung baru yaitu Gedung Mina Bahari IV (GMB IV). Nantinya seluruh pelayanan publik akan dipindahkan ke GMB IV, termasuk Perpustakaan. Namun, dikarenakan ruangan Perpustakaan di GMB IV masih dalam tahap pembangunan desain interior, maka Perpustakaan KKP dipindahkan sementara ke GMB II lantai 15 pada Bulan Desember 2015. Barulah pada Bulan November 2017 Perpustakaan KKP pindah ke gedung baru di GMB IV lantai 2, dan membuka layanannya pada Awal Tahun 2018.

Suasana Perpustakaan KKP di Gedung Mina Bahari II lantai 15 (16-02-2016)

 

Perkembangan sistem informasi di Perpustakaan KKP juga mengalami kemajuan yang cukup signifikan, dari yang awalnya hanya menggunakan katalog manual dan sampai saat ini telah berkembang bukan hanya sebagai perpustakaan dengan sistem terautomasi, tetapi juga telah menuju ke era Perpustakaan Digital Beragam kegiatan baru juga mulai dipublikasikan dalam rangka menarik minat pengunjung ke Perpustakaan KKP, diantaranya bekerja sama dengan komunitas-komunitas, bimbingan Literasi seluruh pegawai KKP, penghargaan anggota Perpustakaan KKP terbaik dan masih banyak kegiatan lainnya.

 

Kini Perpustakaan KKP lebih siap menyapa para pengunjungnya dengan lokasi yang lebih mudah dijangkau, koleksi yang semakin banyak dan sistem yang lebih mendukung.

Perpustakaan KKP saat ini, di Gedung Mina Bahari IV lantai 2, (11-2017)

ibnufatkhan   23 Maret 2018   Dilihat : 677



Artikel Terkait:
Website Security Test