KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN REPUBLIK INDONESIA

Ministry of Marine Affairs and Fisheries Republic of Indonesia

KKP MEMBUKA GERAI PELAYANAN KAPAL HASIL UKUR ULANG DI DAERAH
Berita Terbaru !!! Telah disahkan Peraturan Presiden No. 115
tentang Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan Secara Ilegal (Illegal Fishing)
Segenap Pegawai mengucapkan turut berduka cita atas berpulangnya putra sulung dari Ibu Menteri Susi Pudjiastuti, Semoga amal ibadah almarhum diterima Allah SWT
Selamat Kepada Para Pejabat Eselon I dan Eselon II Yang Telah Dilantik Oleh Menteri Kelautan dan Perikanan
Selengkapnya http://kkp.go.id/index.php/2014/11/13/mkp-pejabat-eselon-i-dan-pejabat-eselon-ii-lingkup-kementerian-kelautan-dan-perikanan/
Mari Bersama Menjaga Kekayaan dan Kedaulatan Laut Kita
Budidaya Ikan Yang Ramah Lingkungan Untuk Kesejahteraan Masyarakat
Follow Twitter Kementerian Kelautan dan Perikanan @KemenKP
Sukseskan Dan Hadiri INDOAQUA-FITA & ASIAN PACIFIC AQUACULTURE 2016 di Grandcity Convex 28-29 April 2016
Menuju Perikanan Budidaya Yang Mandiri, Berdaya Saing dan Berkelanjutan

VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN STRATEGIS

A. Visi Kementerian Kelautan dan Perikanan 

Visi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) merupakan rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode tahun 2019. Sebagai bagian dari lembaga Pemerintahan Indonesia yang membidangi urusan kelautan dan perikanan, maka visi KKP selaras dengan visi pembangunan nasional serta bertujuan untuk mendukung terwujudnya Indonesia sebagai poros maritime dunia. Visi KKP adalah sebagai berikut:

“ Terwujudnya pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan secara berdaulat, mandiri, dan berkelanjutan untuk kemakmuran rakyat.”

Visi KKP mengandung 3 esensi, yaitu Kedaulatan (Soverignity), Keberlanjutan (Sustainibility), dan Kemakmuran (Prosperity).

Kepentingan nasional yang dimandatkan kepada KKP utamanya adalah terkait dengan pemberantasan Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing, yang akan berdampak pada aspek produksi, nilai tambah dan daya saing, pemasaran serta konservasi dengan didukung oleh SDM kompeten dan IPTEK yang inovatif. Hal tersebut mendukung terwujudnya Indonesia sebagai poros maritime dunia.

Kedaulatan diartikan sebagai kemandirian dalam mengelola dan memanfaatkan sumberdaya kelautan dan perikanan dengan memperkuat kemampuan nasional untuk melakukan penegakan hukum demi mewujudkan kehidupan sejajar dan sederajat dengan bangsa lain.

Keberlanjutan dimaksudkan untuk pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya KP secara lestari sehingga dapat memperkuat daya saing bagi pencapain kemajuan dan kemandirian bangsa di masa mendatang.

Kemakmuran dicapai melalui pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dasar, meningkatkan pendapatan dan pemerataan pendapatan sehingga akan meningkatkan taraf hidup dan ketentraman masyrakat kelautan dan perikanan.

B. Misi Kementerian Kelautan dan Perikanan

Misi KKP merupakan rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Perumusan misi mengacu kepada tugas, fungsi KKP dan dijabarkan dari misi pembangunan nasional. Misi Kementerian Kelautan dan Perikanan adalah:

  1. Mewujudkan pembangunan kelautan dan perikanan yang mampu menjaga kedaulatan wilayah, menopang kemandirian ekonomi dengan mengamankan sumberdaya kelautan dan perikanan , dan mencerminkan kepribadian Indonesia sebagai negara kepulauan.
  2. Memperkuat jati diri sebagai negara maritim/kepulauan.
  3. Mewujudkan kualitas hidup masyarakat kelautan dan perikanan yang tinggi, maju dan sejahtera, serta berkepribadian dalam berkebudayaan.
  4. Mewujudkan usaha kelautan dan perikanan yang berkelanjutan yang didukung oleh sumberdaya manusia kelautan dan perikanan yang berdaya saing dan IPTEK yang inovatif.
  5. Mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim/kepulauan yang mandiri, maju, kuat, dan berbasiskan kepentingan nasional.

C. TUJUAN

Tujuan merupakan penjabaran dari visi dan misi Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam rangka mencapai sasaran program prioritas Kabinet Kerja. Oleh karena itu, tujuan pembangunan kelautan dan perikanan adalah: Mengelola sumberdaya kelautan dan  perikanan secara berdaulat, mandiri, dan berkelanjutan untuk meningkatkan kemakmuran masyrakat kelautan dan perikanan.

D. SASARAN STRATEGIS

Sasaran strategis pembangunan kelautan dan perikanan tahun 2015-2019 sebagai penajabaran Visi dan Misi pembangunan nasional ddan Visi Misi KKP, ditetapkan melalui tahapan-tahapan berdasarkan tujuan yang akan dicapai dan arah kebijakan yang ditetapkan. Sasaran strategis pembangunan kelautan dan perikanan disusun dengan pendekatan metoda Balanced Scorecad (BSC) yang dibagi dalam empat perspektif, sebagai berikut:

  1. Konstribusi KKP bagi pemenuhan kebutuhan dan ekspektasi stakeholders.
  2. Pemenuhan kebutuhan pelanggan (masyarakat kelautan dan perikanan).
  3. Internal Process. Proses kerja kunci yang dilakukan untuk meningkatkan kontribusi KKP.
  4. Learning and Growth. Pemenuhan mutu SDM, organisasi, informasi dan teknologi, dan anggaran dikelola.

Adapun sasaran strategis KKP Tahun 2015 -2019 dijabarkan dalam table berikut ini:

Perspektif Sasaran Strategis
Stakeholder
  1. Meningkatnya kesemakmuran masyarakat kelautan dan perikanan.
Customer
  1. Meningkatnya pengelolaan SDKP yang berkelanjutan.
  2. Meningkatnya produksi, usaha, dan investasibagi kemakmuran masyarakat kelautan dan perikanan.
  3. Meningkatnya produk kelautan dan perikanan yang dikembangkan dan dipasarkan bagi kemakmuran masyarakat kelautan dan perikanan
Internal Process
  1. Terimplimentasikannya kebijakan pembangunan yang memperkuat kedaulatan negara kepulauan.
  2. Terselenggarakannya tata kelola pemanfaatan SDKP yang berdaya saing dan berkelanjutan.
  3. Terselenggarakannya pengendalian dan pengawasan SDKP yang berdaulat.
Learning &Growth
  1. Terwujudnya ASN KKP yang kompeten dan berkepribadian.
  2. Tersedianya informasi yang valid, handal, dan mudah diakses.
  3. Terwujudnya pranata dan kelembagaan birokrasi KKP yang berkepribadian.
  4. Terkelolanya anggaran pembangunan secara efesien.
image_pdfimage_print