KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN REPUBLIK INDONESIA

Ministry of Marine Affairs and Fisheries Republic of Indonesia

Sukseskan Penyelenggaraan Trade Expo Indonesia Ke – 30 Tanggal 21 – 25 Oktober 2015 Di JIEXPO Kemayoran, Info: www.tradexpoindonesia.com
Korupsi perbuatan hina dan dosa. Korupsi merugikan bangsa dan negara,maka laporkan ke KPK.
Mewujudkan Indonesia sebagai Pusat Maritim Dunia
Mari Bersama Menjaga Kekayaan dan Kedaulatan Laut Kita
Budidaya Ikan Yang Ramah Lingkungan Untuk Kesejahteraan Masyarakat
Follow Twitter Kementerian Kelautan dan Perikanan @KemenKP
Kabar Gembira Untuk Kita Semua !! Pertama Dalam Sejarah, Indonesia Sukses Kembangbiakan Tuna
Berbudidaya Ikan Adalah Peluang Usaha Masyarakat

Cakalang, Tumpuan Kampung Girian

KOMPAS/RIZA FATHONI Cakalang Asap Matang.

3_36ASAP mengepul di antara atap-atap rumah di Kelurahan Girian Atas, Kecamatan Girian, Kota Bitung, Sulawesi Utara. Sekelompok pekerja sibuk memproses ikan cakalang segar. Tangan mereka dengan cekatan membuang tulang ikan, memotong-motong, memasang rangka bambu, dan kemudian mengasapkan ikan.

Sekitar 75 persen penduduk di kampung ini bermata pencarian dari pengasapan ikan. Maka, kampung itu dikenal sebagai kampung cakalang fufu atau cakalang asap. Ada sekitar 20 pengusaha kecil yang tergabung dalam kelompok usaha bergelut dengan penghidupan dari pengasapan ikan. Satu tempat usaha setiap hari bisa memproduksi sekitar 200 kilogram cakalang.

KOMPAS/RIZA FATHONI Membuat tulang ikan.

4_36Cakalang merupakan salah satu komoditas perikanan tangkap dari perairan Sulawesi Utara. Di antara sekian jenis ikan laut, seperti ikan tuna dan ikan malalugis yang juga biasa diasap, ikan cakalang dikenal paling nikmat. Cakalang asap biasa dimasak khas Manado dengan digoreng campur sambal, dimasak santan, rica, dan dimasak pampis (cakalang suwir).

Tempat usaha di Kampung Girian Atas memproduksi cakalang asap setiap hari untuk dijual ke pasar-pasar di sekitar Sulawesi Utara, seperti Bitung, Minahasa, Manado, hingga ke Tomohon. Cakalang fufu menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas Manado.

KOMPAS/RIZA FATHONI Seleksi Bahan Ikan Mentah.

5_17Selain dijual di pasar, ikan asap ini bisa didapatkan di toko jajanan dan oleh-oleh. Bahkan, sebagian restoran khas Manado di Jakarta pun mendatangkan cakalang fufu dari Bitung.

Usaha cakalang fufu rumahan berjalan beriringan dengan usaha pengalengan dan pengolahan ikan modern di pabrik-pabrik dengan skala ekspor yang banyak terdapat di kawasan Madidir, Kota Bitung. (Riza Fathoni)

image_pdfimage_print