DIREKTORAT JENDERAL PERIKANAN TANGKAP

Kilas Berita  
DJPT Buka Bimtek Untuk Nelayan Merauke Angkatan ke III

 

Semarang - Direktur Kapal Perikanan dan Alat Penangkapan Ikan, Dr. Agus Suherman, S.Pi hari ini membuka kegiatan Bimbingan Teknis Penangkapan Ikan untuk nelayan Merauke Angkatan ke III. (31/7)

 

Sama halnya dengan kegiatan Bimbingan Teknis Penangkapan Ikan untuk Nelayan Merauke sebelumnya, Agus mengatakan bahwa acara ini diikuti oleh 40 nelayan dari Merauke dan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia nelayan Merauke agar bisa semakin produktif dan sejajar dengan nelayan-nelayan lainnya. 

 

"Bimbingan Teknis ini merupakan wujud nyata keberpihakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam membangun dan memberdayakan nelayan lokal utamanya nelayan dari Merauke", Ungkap Agus. 

 

Agus menjelaskan lebih lanjut bahwa yang mengikuti Bimtek seluruhnya merupakan nelayan asli Merauke yang berasal dari 10 Distrik. Khusus untuk angkatan ke III ini terpilih nelayan perwakilan dari Distrik Waan, Kimaam, Ilwayap, dan Tabonji. Peserta didampingi pula oleh pendamping dari Dinas Perikanan Kabupaten Merauke. 

 

"Materi yang disampaikan juga tidak jauh berbeda dengan dua angkatan sebelumnya yakni mengenai materi pengelolaan sumber daya ikan yang berkelanjutan, pengenalan fungsi dan peran pelabuhan perikanan, pengembangan usaha, hingga hal-hal yang terkait dengan kapal perikanan, alat penangkapan ikan, permesinan, dan usaha penangkapan ikan. Setelah sesi materi, bimbingan teknis dilanjutkan dengan praktek serta diakhiri dengan fied trip", Ujarnya lagi. 

 

Agus mengatakan bahwa sasaran yang ingin dicapai adalah terwujudnya nelayan Merauke yang semakin lengkap pengetahuannya, terampil, terlatih, dan kompetitif dalam pengembangan usaha penangkapan ikan di daerahnya. Ia juga mengharapkan nelayan yang mengikuti Bimtek menjadi contoh dan dapat menularkan ilmunya kepada nelayan lainnya di Kabupaten Merauke. 

 

Dalam acara ini hadir pula Hj. Marotus Solikah SH.I, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Merauke; Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Merauke, dan )Plt. Kepala BBPI Semarang

Mila Akmalia   01 Agustus 2018   Dilihat : 58



Artikel Terkait:
Website Security Test