DIREKTORAT JENDERAL PERIKANAN TANGKAP

Kilas Berita  
Bangkitkan Perikanan Indonesia Melalui Pendekatan Langsung ke Nelayan

Hari ini, Dirjen Perikanan Tangkap (Dirjen PT) menerima kunjungan dari Rare Indonesia untuk membahas mengeai pengelolaan perikanan berkelanjutan di wilayah pantai dengan hak akses pengelolaan kepada nelayan.

Arahan Dirjen PT terkait hal tersebut adalah membangun salah satu WPP misalnya saja WPP 715 dimana semua LSM dan Pemerintah dapat bekerja sama, hal ini bisa dimulai dari Rare Indonesia dengan pendekatan langsung kepada nelayan, mengenal bagaimana cara kerja para nelayan di laut, mengenal hukum adatnya, siapa orang yang dihormati di daerah tersebut, dan lain sebagainya.

"Saya maunya itu dimulai dari pendekatan langsung ke nelayan disuatu daerah, mengetahui keinginannya apa, bagaimana adat kebiasaan disana, dan bagaimana mereka mengelola perikanan selama ini, baru setelah itu kita bisa mencoba masuk dan mengembangan sistem managemen mereka dengan mencocokan kebijakan pemerintah maupun LSM yang pas yang dapat diterapkan disana, untuk selanjutnya tetap dilakukan pengawasan baik dari pemerintah maupun dari masyarakat nelayan sendiri serta dari teman-teman LSM, agar apa yang sudah ada bisa berkembang lebih bagus, bukan malah hilang setelah diresmikan". Ungkapnya

Dirjen PT juga mengatakan apabila managemen perikanannya sudah beres, maka selanjutnya para LSM dan Pemerintah bisa mengambil alih mana yang sesuai dengan bagiannya, misalnya Rare karena diawal sudah berkomitmen untuk membangun mengeai pengelolaan perikanan berkelanjutan di wilayah pantai maka, ia akan mengambil alih bagian tersebut. pemerintah bisa mengambil untuk bagian kebijakannya.

Sejauh ini Rare sudah mencoba untuk mengembangkan wilayah di bagian Sulawesi Tenggara dan daerah timur lainnya. Mereka mengatakan di daerah sana sudah ada kesadaran para nelayannya untuk menjaga kelestarian laut, bahkan sudah ada Hukum Adat dan sanksinya apabila melakukan pelanggaran.

Rare Indonesia merupakan LSM yang bergerak di bagian konservasi terutama pada pengelolaan perikanan berkelanjutan di wilayah pantai dengan hak akses pengelolaan kepada nelayan. Rare Indonesia juga mengatakan tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan penelitiannya ke perikanan yang lebih besar, apabila management spengelolaan perikanan berkelanjutan di wilayah pantai dengan hak akses pengelolaan kepada nelayan sudah sukses. 

Mila Akmalia   04 Juli 2018   Dilihat : 840



Artikel Terkait:
Website Security Test