DIREKTORAT JENDERAL PERIKANAN TANGKAP

Kilas Berita  
KKP Berikan Bimtek Penangkapan Ikan Tuk 100 Nelayan Kabupaten Merauke

Semarang  – Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (DJPT KKP) berikan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada 100 nelayan Merauke (3/6). Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, M. Zulficar Mochar mengatakan acara ini merupkan jawaban dari Kunjungan Menteri Kelautan dan Perkanan Susi Pudjiastuti sebelumnya yang mengatakan bahwa diperlukan peningkatan kapasitas (SDM) Sumber Daya Manusia nelayan Merauke agar semakin produkif dan sejajar dengan nelayan lainnya.

“Untuk efektifitas pembelajaran, Bimtek ini dibagi ke dalam empat angkatan, yang pertama sudah dilakukan pada tanggal 21-26 Mei yang lalu” Jelas Zulficar.

Zulficar menjeaskan bahwa acara saat ini merupakan Bimtek angkatan kedua yang diikuti 30 nelayan, sedangkan sisanya sebanyak 40 nelayan rencananya akan dibagi ke dalam angkatan ke tiga hingga ke empat yang akan dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus 2018.

“Bimtek ini merupakan wujud nyata keberpihakan Kementerian Kelautan dan Perkanan (KKP) dalam membangun dan memberdayakan nelayan lokal, khususnya nelayan dari Merauke” Ujarnya.

Lebih lanjut, Zulficar juga mengatakan bahwa pada Bimtek kali ini para nelayan asal Merauke ini akan dibekali teknik-teknik penangkapan ikan yang baik dan ramah lingkungan, yakni mengenai kapal perikanan, alat penangkapan ikan, permesinan kapal perikanan, hingga praktek penangkapan ikan di laut.

“Tidak hanya itu, kita juga memberikan ilmu lain seperti dasar-dasar pengelolaan sumber daya ikan yang berkelanjutan, fungsi dan peran pelabuhan perikanan, tata cara mendirikan koperasi, tata cara memperoleh akses permodalan, hingga perizinan” ungkapnya.

Ia berharap dengan adanya Bimtek ini diharapkan ilmu yang didapat bisa ditularkan kepada nelayan lainnya di Kabupaten Merauke.

Dalam acara ini hadir pula Bupati Kabupaten Merauke, Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Merauke, Para Direktur Lingkup DJPT, dan Kepala BPPI Semarang beserta jajaran BBPI Semarang. (MA)

Mila Akmalia   05 Juli 2018   Dilihat : 858



Artikel Terkait:
Website Security Test